Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim. (dok lendoot)
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim. (dok lendoot)

Karimun, Lendoot.com – Ujian Nasional Berbasis Komputer dan Pensil (UNBKP) untuk tingkat SMK akan dimulai, besok, (Senin, 3/4/2017). Sementara untuk tingkat SMA akan dimulai 10 April mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim mengatakan untuk tahun ini pelaksanaan ujian berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun lalu pelaksanaan UN dilaksanakan secara serentak SMA/SMK sederajat.

“Tahun ini pelaksanaan ujian tingkat SMK dan SMA sederajat tidak serentak dilaksanakan,” kata Bakri Hasyim.

Bakri menyebut, meskipun siswa SMK dan SMA di Karimun tidak lagi menjadi tanggung jawab Pemkab Karimun, keberhasilan siswa mengikuti ujian adalah keberhasilan Karimun. Untuk itu Ia berharap para siswa dapat mengikuti ujian dengan baik dan mendapat hasil yang baik.

Bakri Hasyim juga mengingatkan peserta ujian nasional berbasis komputer dan pensil (UNBKP) untuk fokus belajar. Dan menjaga kesehatan, agar dapat mengikuti ujian pada Senin mendatang.

“Soal UNBKP sudah tiba di Karimun, sekarang disimpan di Mapolres Karimun seperti biasanya. Kordinasi penanganan soal dan pelaksanaan ujian terkordinasi dengan Dinas Pendidikan Prov Kepri, Pemerintah Kabupaten Karimun hanya memantau pelaksanaan ujian,” kata Bakri Hasyim, beberapa waktu lalu.

Bakri menambahkan, untuk soal UNBKP sudah tiba di Karimun, Jumat (31/3/2017) kemarin, sebanyak 38 koli. Peserta ujian tingkat SMA sebanyak 3.098 siswa, tingkat SMP sebanyak 4.064  siswa dan tingkat SD 4.637 siswa.

Seorang siswa SMK Swasta di Karimun kepada Lendoot.com mengungkapkan kesiapannya menghadapi UNBK, besok. “Kami sudah siap bang. Doakan ya, semoga sukses ujiannya,” katanya, sore tadi. (ian/sjs)