Anggota Satlantas Polres Karimun sedang memberikan pendidikan masyarakat lalulintas kepada tukang ojek di kawasan pelabuhan KPK
Anggota Satlantas Polres Karimun sedang memberikan pendidikan masyarakat lalulintas kepada tukang ojek di kawasan pelabuhan KPK (ian)

Karimun, Lendoot.com – Satuan Lalulintas Polres Karimun memaparkan pendidikan masyarakat lalu lintas (Dikmas Lantas) kepada sejumlah pengendara dan komunitas di Kabupaten Karimun, Kamis (9/3/2017) kemarin.

Kasat Lantas Polres Karimun AKP Syamsurizal mengatakan, kegiatan Dikmas lantas digelar dalam rangka Operasi Simpatik Seligi 2017. Dalam operasi ini pihaknya lebih mengedepankan upaya preventif dalam mengantisipasi terjadinya pelanggaran lalu lintas.

“Dalam Dikmas Lantas kita berusaha menumbuhkan pengertian, dukungan dan keikutsertaan masyarakat untuk aktif dalam usaha menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, khususnya di Karimun,” kata Syamsurizal, Jumat (10/3/2017).

Selain itu, kegiatan Dikmas Lantas juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang peraturan berlalu lintas pada saat berkendara di jalan raya.

Diharapkan dengan adanya Dikmas Lantas dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya menaati lalu lintas dan menjaga keselamatan diri.

Sementara untuk target Dikmas Lantas dalam rangka operasi simpatik seligi 2017 ini adalah pengendara di jalan raya dan kelompok- kelompok masyarakat seperti tukang ojek, supir angkot dan taksi, serta komunitas-komunitas lainnya.

Pihaknya, telah melaksanakan kegiatan ini di beberapa tempat di Karimun, sekaligus membagikan helm kepada komunitas- komunitas dan pengendara di jalan raya.

“Dalam operasi 2017 ini kita beri nama programnya Ngobras, yakni Ngobrol bareng Polantas. Kita berikan himbauan dan pengetahuan seputar lalu lintas, kemudian kita berikan pertanyaan dan bagi yang bisa menjawab mendapatkan helm gratis dari kita,” katanya. (ian)