Bupati Karimun AunurR Rafiq menyematkan pin pada salah satu pendonor darah terbanyak di Kabupaten Karimun. (ian)
Bupati Karimun AunurR Rafiq menyematkan pin pada salah satu pendonor darah terbanyak di Kabupaten Karimun. (ian)

Karimun, Lendoot.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Karimun tidak bisa bergerak secara mandiri kalau tidak dibantu dari peran pemerintah daerah dan seluruh stakholder yang ada.

Hal ini dikatakan oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat menghadiri pembukaan musyawarah kerja dan Bulan dana PMI Kabupaten Karimun di Gedung Nasional Jalan Yos Sudarso Tanjungbalai Karimun, Jumat (30/12/2016).

“PMI tidak bisa secara mandiri kalau tidak dibantu dari peran pemerintah daerah dan seluruh stakholder yang ada dengan program CSR mereka yang diperuntuhkan untuk kepentingan kemanusiaan,” kata Rafiq.

Rafiq yang juga ketua PMI Kabupaten Karimun mengatakan PMI bukan hanya sebagai organisasi kemanusian yang tanggung jawabnya dibebankan pada pemerintah daerah. Melainkan butuh peran serta masyarakat dalam memanjukan PMI.

“Karena PMI ini milik masyarakat untuk masyarakat dan kegiatan bagi kemanusiaan, bagaimana PMI itu besar tentu butuh peran serta dari masyarakat dan bukan hanya dibebankan pada pemerintah daerah saja,” ucap Rafiq.

Diakui Rafiq, saat ini PMI masih terkendala masalah dana dari pemerintah daerah. Untuk itu Ia akan menyediakan nomor rekening bagi donatur yang ingin menyumbang dapat langsung mengirimkan dana tersebut ke bank-bank yang ditunjuk.

“Di tahun 2017 kita akan buka nomor rekening, ya mungkin kita bisa masukkan di media sosial sehingga para donatur yang ingin menyumbang dapat langsung mengirim dana tersebut ke bank-bank yang sudah ditunjuk dan itu dapat dipertanggung jawabkan,” ujar Rafiq.

Ia menambahkan, masyarakat yang ingin menyumbang baik itu darah maupun dana jangan ragu-ragu atau bimbang. Karena apa yang disumbangkan setetes darah ataupun senilai satu rupiah yang dimasukkan ke dalam PMI itu adalah menjadi kepentingan umat dan kemanusian yang dapat dipertanggungjawabkan. (ian)