Salah seorang pedang emas di Jalan Nusantara, Tanjungbalai Karimun
Salah seorang pedang emas di Jalan Nusantara, Tanjungbalai Karimun (ian)

Karimun, Lendoot.com – Meskipun sempat mengalami penurunan, namun harga emas masih tergolong tinggi. Hal itu diungkapkan oleh seorang pedagang emas di Jalan Nusantara, Tanjungbalai Karimun, Jumat (27/10/2017).

Menurut Meiki, salah seorang pedagang di kawasan jalan Nusantara tersebut mengatakan bahwa, saat ini harga emas 24 karat di Karimun harganya sekitar Rp 550 ribu pergram. Sementara pada pekan lalu harga emas murni itu mencapai Rp 565 ribu pergram.

“Harga emas cukup tinggi. Tapi seminggu ini sudah turun. Kalau terendahnya dulu emas 24 karat mencapai Rp 500 ribu pergramnya,” katanya kepada Lendoot.com, Jumat (27/10/2017) siang.

Sementara untuk harga emas yang kemurniannya di bawah 24 karat yakni, untuk emas takaran 23 karat berkisar di harga Rp 515 ribu. Sementara emas putih berkisar di harga 420 ribu.

Melki menyebut, untuk harga emas sudah ditetapkan secara mendunia dan diterapkan merata di setiap pedagang emas. Untuk harga emas yang kemurniannya di bawah 24 karat selalu mengikuti harga emas murni.

“Harga emas yang lain biasanya selalu ikut yang 24 karat,” ujarnya.

Menurutnya, meski tidak selalu terjadi, namun pada umumnya harga emas juga dipengaruhi oleh hari-hari besar. Ditambahkannya, untuk di Karimun sendiri saat ini para pembeli cukup sepi. Banyak pelanggan yang menjual ke tokonya dibandingkan melakukan pembelian.

“Umumnya setelah tahun baru turun, saat Natal dan bulan puasa itu naik, Tapi melihat kondisi ekonomi saat ini lebih banyak orang yang jual emas ke kami. Tapi ini bukan hanya di Karimun saja, di tempat lain kondisinya juga seperti itu,” ucapnya. (ian)