Ketua Komunitas Ronggolawe Nusantara Karimun, Kusnandar (baju orange sebelah kanan) melihat para peserta lomba kicau burung
Ketua Komunitas Ronggolawe Nusantara Karimun, Kusnandar (baju orange sebelah kanan) melihat para peserta lomba kicau burung (ian)

Karimun, Lendoot.com – Dalam rangka memperingati hari jadi ke-72 Tahun TNI Angkatan Laut, komunitas pecinta burung yakni Ronggolawe Nusantara Karimun menggelar perlombaan burung berkicau. Lomba yang dihadiri 250 peserta ini dilaksanakan di kawasan rumah dinas Danlanal Karimun, Minggu (10/9/2017) pagi.

Ketua panitia lomba Ronggolawe Nusantara Karimun, Kusnandar mengatakan dalam perlombaan kicau burung ini ada tiga kategori yang dilombakan diantaranya, kelas Murai, Lovebird dan kelas Kenari.

“Untuk lomba kicau burung ini ada tiga kelas yang dilombakan yakni, kelas Murai, Lovebird dan kelas Kenari. Kalau untuk segi penilaian kita lihat dari tonjolan, isian, durasi dan ketenagan bermain,” kata Kusnandar kepada Lendoot.com, Minggu (10/9/2017).

Kusnandar juga mengatakan bahwa, lomba kicau burung ini selain untuk menyemarakkan hari jadi TNI Angkatan Laut ke-72 Tahun, juga sebagai ajang untuk silaturahmi kepada sesama pecinta burung, karena peserta lomba tidak hanya dari Karimun, peserta dari Batam, Tanjungbatu dan Prayon juga ikut serta.

“Lomba ini juga sebagai ajang untuk saling bersilaturahmi kepada sesama pecinta burung. Karena pesertanya tidak hanya dari Karimun saja, Batam dan Prayon juga ikut serta dalam lomba kali ini,” ucapnya.

Wakil ketua Ronggolawe Nusantara Karimun, Raden Yadi Cahyadi menambahkan, kegiatan lomba burung ini adalah salah satu cara untuk bersilaturahmi sesama pecinta burung yang ada di Batam, Karimun dan Tanjungbatu.

“Intinya kegiatan ini adalah positif,” ungkapnya.

Untuk juara I dari lomba Lovebird DPC Karimun menerima hadian uang tunai Rp 1,5 Juta dan bonus Rp 200 ribu, juara II Rp 750 ribu, juara III Rp 400 ribu, juara IV 170 ribu dan juara V Rp 160 ribu.

Kelas Murai untuk juara I menerima hadiah uang tunai Rp 1 Juta, juara II Rp 500 ribu, juara III Rp 250 ribu, juara IV Rp 120 ribu dan juara V Rp 110 ribu. Kelas kenari untuk juara I Rp 1 Juta, juara II Rp 500 ribu, juara III Rp 250 ribu, juara IV Rp 120 ribu dan juara V Rp 110 ribu.

Adapun para juara lomba kicau burung diantaranya, untuk kelas Murai juara I yakni, Doglek, juara II, Tony, juara III Adi. Kelas Lovebird untuk juara I yakni, Amir, Juara II Adek, Juara III Anto. Kelas Kenari untuk juara I yakni, Regen dan juara II Dedi Seigo. (ian)