DR Dr Ridwan Abdullah Putra SPoG (K) usai meraih gelar doktor di Unpad, beberapa hari lalu. (istimewa)
DR Dr Ridwan Abdullah Putra SPoG (K) usai meraih gelar doktor di Unpad, beberapa hari lalu. (istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Siapa bilang anak Karimun tidak bisa berprestasi membanggakan di negeri orang? Ridwan Abdullah Putra, atau yang kini telah bergelar DR Dr  Ridwan Abdullah Putra SpOG membuktikannya. Putra kelahiran Moro Kabupaten Karimun ini meraih gelar akademik tertinggi serta predikat luar biasa yang disebut sebagai cumlaude.

Dr Ridwan biasa disapa, aalah satu putra Karimun yang terbilang sukses di negeri orang. Pria yang kini menjabat Direktur RSUD Cikalongwetan Bandung berhasil mempertahankan disertasinya pada acara sidang terbuka promosi doktornya di hadapan para penguji dan hadirin serta Undangan Lainnya, (Rabu, 4/7/1), di Ruang Senat  Gedung Eygman, Fakultas Kedokteran Universitas Padjdjaran.

Ujian terbuka itu langsung dipimpin Ketua Program Studi Pascasarjanatudi  Bidang Ilmu Kedokteran, Dr Herry Herman, SpOT, PhD.  Didampinig Oponen Ahli; Prof  DR Dr. Firman F Wirahadikusumah SpOG(K), Prof DR Drg Ani Melani Maskoen MKes, DR Dr Siti Maisuri T Chalid SpOG(K), Guru Besar Representatif, Prof DR Dr Dwi Prasetyo SpA(K) MKes, dan para Promotor, Prof DR Dr Jusuf S Effendi SpOG(K), DR Dr Ria Bandiara SpPD(K-GH) dan DR Dr Wiryawan Permadi SpOG(K).

Seperti dilansir dari rsudcikalongwetam.com, dalam sidang tersebut, Promovendus telah melakukan presentasi kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dan, Promovendus berhasil menjawab semua pertanyaan dari tim penguji dengan lantang dan lancar.

Pada sidang tersebut, Promovendus membawakan disertasi hasil penelitiannya berjudul “Efek Ekstrak Angkak Beras Merah Terhadap Kadar Hmox-1, SFlt-1 dan PlGF pada Lini Sel HUVEC Model Preeklamsi”.

Pada Penlitian Ini Promovendus memanfaatkan angkak beras merah yang merupakan kearifan lokal karena angkak ini merupakan panganan tradisional masyarakat Indonesia dan Asia pada umumnya.

Dalam paparannya, Promovendus menjelaskan bahwa angkak beras merah ternyata  mengandung zat aktif Lovastatin yang selama ini biasa digunakan sebagai obat antikolestrerol.

Pada sesi terakhir sidang terbuka, Ketua Sidang menskor sidang untuk  bermusyawarah. Akhirnya menyatakan Promovendus Lulus Dengan Predikat Cumlaude, karena dianggap telah memenuhi semua syarat pendidikan pascasarjana Program Doktoral FK Unpad. Ini meliputi pendidikan akademik dengan IPK 4 dan telah pernah menjadi pembicara pada kegiatan-kegiatan ilmiah serta  melakukan publikasi jurnal baik nasional maupun internasional.

Dan Promovendus merupakan Alumni Program Doktoral Ke-141 Yang ditelurkan Fakultas Kedokteran Unpad.

Setelah berhak menyandang gelar Doktor sebagai Gelar Akademik tertinggi, para undangan  acara Yudisium memberikan ucapan selamat kepada Promovendus dan keluarga besarnya.

DR Dr Ridwan Abdullah Putra SpOG (K) mengucapkan terimakasih kepada keluarga, rekan-rekan sekampung di Karimun, serta rekan sejawat di Kabupaten Karimun atas doa dan dukungannya sehingga dirinya bisa mencapai prestasi membanggakan tersebut.

Usai resmi menyandang gelar Doktor, ucapan pun berdatangan di media sosial seperti akun facebook. Rasa bangga diutarakan rekan dan teman sejawat di Karimun kepada DR Dr Ridwan Abdullah Putra SPoG (K).

“Terima kasih kepada semua teman sejawat, handaitaulan dan saudare sekalian atas doa dan ucapannya. Semoga keberkahan dilimpahkan kepada kita semuanya. Aamiin,” ucapnya. (*/msarih)