Petugas Satlantas Polres Karimun kampanyekan keselamatan berkendara di Jalan Nusantara
Petugas Satlantas Polres Karimun kampanyekan keselamatan berkendara di Jalan Nusantara

Karimun, Lendoot.com – Selama kegiatan operasi keselamatan seligi 2018 berlangsung, Satuan Lalu Lintas Polres Karimun mengeluarkan sebanyak 219 teguran kepada pengendara yang melanggar lalu lintas di jalan raya.

“Operasi keselamatan seligi kemarin sudah selesai, ada 219 teguran kita keluarkan penindakan terbanyak dilakukan pada kendaraan sepeda motor dengan pelanggaran didominasi oleh pengendara yang tidak menggunakan helm,” kata Kasat Lantas Polres Karimun AKP Teuku Fazrial Kenedy, Selasa sore (27/3/2018).

Kenedy mengatakan, untuk pelanggaran lain yang terjadi di jalan raya dalam operasi tersebut adalah melawan arus sebanyak 19 kali, 3 melanggar trafic light, 2 kali tidak membawa dokumen kendaraan dan 13 kali tidak menggunakan kelengkapan berkendara.

Dia mengatakan, dalam pelaksanaan tersebut juga melaksanakan operasi keselamatan pihanya juga turut melakukan kegiatan berupa pendidikan masyarakat berlalu lintas (Dikmas Lantas) guna memberikan edukasi tentang tata cara berkendara yang baik.

“Ada 28 kali kita lakukan Dikmas Lantas dan beberapa kegiatan kampanye keselamatan. Kita tidak hanya memberikan teguran, sebagai langkah preventifnya kita juga melakukan sosialisasi dan penyuluhan untuk menekan pelanggaran juga kita lakukan,” katanya.

Dia menambahkan, Selain itu pihaknya juga memberikan himbauan kamseltibcarlantas dan melakukan kegiatan kampanye keselamatan dengan menghadirkan simulasi korban laka akibat melanggar peraturan berlalulintas.

Dia berharap selesainya operasi keselamatan seligi 2018, masyarakat tetap konsisten untuk mengutamakan keselamatan dalam berkendara.

“Kita berharap masyarakat tidak hanya dalam operasi dapat mengutamakan keselamatan, melainkan setelah berakhirnya operasi kesadaran akan keselamatan dapat terus dilanjutkan lah,” tutupnya.(Riandi)