Sekdaprov Kepri, TS Arif Fadillah. (dok lendoot)
Sekdaprov Kepri, TS Arif Fadillah. (dok lendoot)

Tanjungpinang, Lendoot.com – Ada kabar gembira bagi Anda ingin ikut mengadu peruntungan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Wacana CPNS yang kini berubah nama menjadi Calon Aparatur Sipil Negara (CANS), akan dibuka untuk seluruh kabupaten dan kota serta Provinsi Kepri.

Wacana penerimaan Calon ASN pada 2018 ini diakui juga oleh Sekda Provinsi Kepri H TS Arif Fadillah. Bahkan mantan Sekda kabupaten Karimun ini mengaku sudah memerintahkan Kepala BKD Provinsi Kepri untuk membuat analisa jabatan (Anjab) kebutuhan CPNS 2018. Hanya saja, yang diutamakan, menurutnya adalah untuk tenaga kesehatan dan tenaga pendidik atau guru.

“Setelah kita mendapat informasi akan dibuka kesempatan CASN untuk pemerintah pusat dan di pemerintahan daerah, saya langsung meminta BKD untuk menghitung kebutuhan CASN. Tapi, untuk tenaga kesehatan dan tenaga guru akan menjadi prioritas,” ucap Arif seperti dikutip dari Kepri Media Group (KMG), beberapa waktu lalu.

Perintah dari Sekdaprov itu juga diakui oleh Kepala BKD Provinsi Kepri, Firdaus yang mengaku pihaknya masih menghitung kebutuhan tenaga CASN agar saat pembukaan, Pemprov sudah siap untuk mengajukan formasi dan kebutuhan calon pegawai negeri.

”Kita sangat memerlukan beberapa tenaga guru dan tenaga dokter. Saat ini masih banyak wilayah pesisir yang tidak ada dokternya,” sebutnya.

Hanya saja, sambung Firdaus, untuk mengajukan analisa jabatan ke Kemenpan RB, pihaknya Pemprov Kepri masih menunggu pengumuman atau pemberitahuan secara resmi dari pemerintah pusat.

Firdaus mengakui belakangan ini informasi bakal adanya penerimaan CASN sudah beredar dan menjadi viral di media masa online bahkan di media sosial.

Sebelumnya, sambung Firdaus, Pemprov kepri sudah pernah mengajukan formasi CASN ke pemerintah pusat, khususnya untuk tenaga guru dan tenaga kesehatan, hanya saja, pengajuan itu belum dikabulkan selama 2017.

Di lain pihak, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengakui bakal ada lowongan CASN. Bahkan, Asman merinci agar Pemerintah Provinsi Kepri menjaring pekerja yang berintegritas, profesional serta sesuai dengan keahliannya dalam sileksi CASN yang akan digelar 2018 mendatang.

Lowongan CASN ini dibuka, sambung Asman, karena pada 2018 bakal ada kekurangan 220 ribu ASN yang memasuki masa pensiun.

“Meski yang pensiun mencapai 220 ribu, namun kita hanya memberi kuota setengahnya untuk CASN kementerian, lembaga vertikal dan pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten dan kota,” terang Asman Abnur saat diwawancarai ketika kunjungan kerjanya ke Tanjungpinang akhir November lalu.

Menurut Asman, Kepri yang daerahnya mayoritas berupa lautan harus mengoptimalkan CASN ahli kelautan hingga lebih mengusai teknis sektor maritim,” sebut mantan Wakil Wali Kota Batam ini. (kmg/bobi)