Sekertaris Daerah Kabupaten Karimun, M Firmansyah
Sekertaris Daerah Kabupaten Karimun, M Firmansyah (Riandi)

Karimun, Lendoot.com – Penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Tahun 2018 kemungkinan besar kembali ditunda. Itu dipengaruhi terjadinya pergantian pejabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Republik Indonesia (RI).

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karimun, Muhammad Firmansyah, Senin (27/8/2018).

“Kemarin terakhir waktu BKPSDM rapat sudah selesai. Namun karena Menteri ganti kayaknya ditunda. Ganti Menteri biasanya ganti kebijakan,” kata M Firmansyah.

Untuk prosesnya, para peserta tes PNS akan melalui pendaftaran secara online. Untuk penyeleksian dan soal ujian akan langsung dikelola oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) RI.

Dikatakan Firman, Pemerintah Daerah nanti hanya akan menjadi fasilitator pelaksanaan bagi para peserta tes. Oleh karena itu dalam tes PNS tahun ini betul-betul kompetisi dan tidak bisa diinvertensi.

“Mungkin pendaftaran disetujui oleh Kemenpan-RB baru ke BKN. Kita hanya fasilisatator. Untuk seleksi orang pusat yang turun dan proses,” terangnya.

Pemerintah Kabupaten Karimun mengajukan sebanyak 400 lebih formasi PNS kepada Pemerintah Pusat pada tes tahun ini. Kabupaten Karimun terkahir menerima PNS melalui tes langsung pada tahun 2009. (Parulian Turnip)