Satudarah MC
Satudarah MC

Berawal dari penolakan yang diterima saat mencoba masuk menjadi anggota salah satu club motor ternama di Belanda karena alasan jenis kulit, tujuh pemuda Maluku yang tinggal sejak kecil di negeri kincir angin itu berinisiatif membentuk Satudarah Motorcycle Club. Bersama dengan dua orang warga campuran keturunan Belanda mereka meresmikan pendirian Satudarah MC pada 1990.

Saat mendengar nama Satu Darah Motorcycle Club, yang terbesit di pikiran kita  adalah geng motor yang ada di Indonesia. Namun faktanya, Satu Darah MC adalah nama geng motor yang berpusat di Belanda dan paling ditakuti di Eropa.

Geng motor paling ditakuti di Eropa itu memiliki nama yang diambil dari bahasa Indonesia, ternyata pendiri Satu Darah MC tak lain ialah orang-orang Belanda yang mempunyai garis keturunan Ambon.

Satu Darah semakin disegani karena mereka mempunyai anggota yang tersebar di berbagai negara, seperti Australia, Belanda, Belgia, Jerman, Perancis, Denmark, Kanda, Malaysia, Maroko, Spanyol, Singapura, Surnime, Swedia, Swiss, Thailand, Turki, dan Indonesia.

Jumlah itu nyaris sama dengan rival gangster paling ditakuti lainnya, yakni Hell’s Angel. Keduanya kerap terlibat kerusuhan yang mengakibatkan jatuhnya korban.(*)