Karimun, Lendoot.com – Satuan Unit Reskrim Polsek Meral mengamankan lima orang komplotan pencuri spesialis toko dari dua lokasi berbeda, yakni di RSUD Muhammad Sani dan Bukit Senang. Dari kelima orang tersebut, empat di antaranya wanita dan satu pria.

Adapun modus operandi yang dilakukan para pelaku adalah dengan berpura-pura berbelanja. Sebagian pelaku berperan menyibukkan pemilik dan penjaga toko, sementara sebagian pelaku lain menggasak barang-barang berharga milik korban.

Dari pemeriksaan polisi kelompok ini turut membawa anak-anak kecil saat beraksi. Keempat pelaku wanita, yakni Pu, Ka, Er dan Al masuk ke dalam toko. Sedangkan pelaku pria bernama Ir.

Kapolsek Meral, AKP Badawi mengatakan kelompok ini tertangkap karena terekam CCCTv di toko Adam Lembah Permai, Kelurahan Sei Raya, Kecamatan Meral. Dari rekaman tersebut terlihat Erniwati, Jumat (17/3/2017) lalu, masuk dan menyibukkan pemilik toko dengan berpura-pura menanyakan alat pecah belah.

“Aksi para pelaku terekam CCTv toko korban,” kata Badawi saat ekspose perkara, Selasa (28/3/2017).

Selanjutnya pelaku lain kemudian ikut masuk ke dalam toko. Melihat pemilik dan karyawan toko tengah sibuk melayani pembeli, pelaku lain mendekati meja kasir. Seorang pelaku kemudian mengambil satu tas yang berisi sejumlah uang dan perhiasan emas.

Kanit Reskrim Polsek Meral, Aiptu Hendriansyah menambahkan bahwa kelima komplotan pencuri ini adalah merupakan anggota satu keluarga.

“Mereka semua ini adalah satu keluarga, ada ibunya, anaknya, dan istri anak (menantu- red)-nya,” ucap Kanit Reskrim.

Atas perbuatannya para pelaku dikenakan pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan jo pasal 65 ancaman maksimal 7 tahun penjara. (ian)