Kasatreskrim Polres Karimun, AKP Lulik Febyantara (kiri) dan Terduga pelaku penipuan Abraham Beda alias Along alias Gery (kanan)
Kasatreskrim Polres Karimun, AKP Lulik Febyantara (kiri) dan Terduga pelaku penipuan Abraham Beda alias Along alias Gery (kanan)

Karimun, Lendoot.com – Satreskrim Polres Karimun mengamankan seorang laki-laki bernama Abraham Beda alias Along alias Gery (26) pelaku tindak penipuan. Bahkan akibat tindakannya para korban diduga mengalami kerugian hingga Miliyaran rupiah.

Kasatreskrim Polres Karimun, AKP Lulik Febyantara mengatakan modus pelaku penipuan menipu korbannya adalah dengan berpura-pura sebagai pengusaha muda, penangkapan pelaku berawal dari seorang korban penipuan yang membuat laporan ke Polres Karimun.

“Berdasarkan laporan yang diterima polisi, Abraham meminjam uang kepada korban sebesar Rp 30 juta dengan jaminan satu unit mobil Honda CRV pada tanggal 30 Juni 2017,” kata Kasatreskrim Polres Karimun, AKP Lulik Febyantara, Kamis (26/10/2017).

Selanjutnya pada tanggal 1 juli 2017 Abraham kembali meminjam uang kepada korban sebesar Rp 100 juta dengan alasan untuk menebus surat tanah miliknya yang sedang digadaikan.

“Setelah itu terlapor (Abraham) memberikan sertifikat tanah tersebut kepada pelapor (korban, Buyung) sebagai jaminan,” Lanjut Lulik.

Setelah itu, Abraham kembali meminjam uang korban sebesar Rp 50 juta pada 4 Juli 2017, dengan alasan untuk menebus dua unit mobil miliknya yang telah digadai. Atas jaminan pinjaman tersebut Abraham menyerahkan satu unit mobil Toyota Avanza warna putih.

Usai membuat perjanjian untuk membayar hutang-hutangnya, Abraham menghilang dan tidak dapat dihubungi korban. Korbanpun merasa tertipu karena sertifikat tanah dan mobil yang dijaminkan bukan atas namanya.

“Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp 160 juta,” ucap Lulik. (ian)