KPPBC_Karimun
ekspose barang tangkapan KPPBC Karimun, tadi siang. (ian)

Karimun, Lendoot.com – Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Tanjungbalai Karimun mengamankan shabu-shabu seberat 517,16 gram dari Deni Siswandi penumpang kapal Fery MV Putra Maju, Jumat (17/3/2017).

Barang haram yang jumlahnya mencapai setengah kilogram tersebut dibawa dari Malaysia yang berangkat dari pelabuhan Kukup tujuan Tanjungbalai Karimun.

Kepala Kantor KPPBC, Benhard Sibarani mengatakan pelaku menyembunyikan shabu-shabu tersebut di celana dalamnya.

“Awalnya petugas kita melakukan profiling dan kemudian mencurigai tingkah laku salah seorang penumpang. Dari kecurigaan tersebut akhirnya dilakukan pemeriksaan menyeluruh dan ditemukan empat bungkusan berisi serbuk putih diduga narkotika golongan I yang disimpan didalam selangkangannya,” kata Benhard.

Kabid Penindakan Sarana Operasi (PSO) DJBC Kepri, R Evy mengatakan, narkoba semuanya masuk dari Kukup, Malaysia dan saat pihaknya akan selalu bersinergi dengan Lanal dan Polres.

“Memang narkoba semuanya masuk dari Kukup, Malaysia untuk itu kita akan terus bersinergi dengan Lanal dan Polres dalam memerangi narkoba, karena sekarang sabu lebih banyak lewat laut,” ucap Evy.

Evy juga menjelaskan bahwa, pelaku merupakan resedivis yang sudah bolak-balik masuk penjara karena kasus narkoba. Dan rencananya shabu tersebut akan diedarkan di Karimun dan Pekanbaru.

“Pelaku ini sudah dua kali masuk penjara dengan kasus yang sama yaitu narkoba, dan kali ini recananya barang tersebut akan diedarkan di Karimun dan Pekanbaru,” jelas Evi.

Sementara itu, pelaku mengaku untuk upah sekali antar barang shabu seberat 517,16 gram itu, Ia dibayar Rp 10 Juta. Dan saat ini kasusnya telah dilimpahkan ke Polres Karimun untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sebelumnya KPPBC Karimun telah beberapa kali melakukan penegahan barang haram yang serupa.(ian)