Karimun, Lendoot.com – Saat menjelang Lebaran Idul Fitri 1441 H, Lanal TBK memastikan pengamanan di sektor laut akan berjalan dengan normal.

Hal ini disampaikan Komandan Lanal TBK Letkol Laut (P) Mandri Kartono saat melakukan penanaman sayur sawi, Jumat (8/5/2020) kemarin.

“Personil jaga yang melakukan pengamanan di laut itu tetap dilaksanakan, jadi pos-pos angkatan laut itu tetap berjaga saat lebaran,” katanya.

Danlanal mengatakan, dalam pengamanan laut nantinya terdapat 11 unsur secara berskala yang akan tetap mengawasi aktivitas perairan di wilayah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

“Ada 11 unsur pengamanan yang kita lakukan, yang mana satu unsur laut itu awak nya ada yang lima, tiga dan enam. Itu akan di rolling terus, jadi penjagaan tetap,” ujarnya.

Danlanal menjelaskan, untuk aktivitas pengamanan juga nantinya akan di bantu oleh unsur Kapal Republik Indonesia (KRI) yang beroperasi di perairan Kepulauan Riau.

“Dari pimpinan TNI AL untuk penjagaan kemanan laut tetap tidak di kendorkan, karena di khawatirkan ada oknum-oknum yang memanfaatkan kesempatan ini. Sehingga penjagaan laut tetap,” jelasnya.

Danlanal juga menambahkan, secara geografi, terdapat titik yang menjadi kerawanan atas aksi-aksi kejahatan di laut yakni Selat Malaka dan Selat Singapura.

“Namun tingkat kerawanan seperti apa ada beberapa hal yang memang menjadi perhatian khusus pimpinan, sehingga yang jelas kami tetap pengamanan laut di laut Kepri sesuai dengan wilayah kerja Lanal Tanjungbalai Karimun,” tambahnya. (rnd)