Dua unit mobil pemadam kebakaran standbye di kantornya di Jalan Pelabuhan Tanjungbalai Karimun. (muhsarih)
Dua unit mobil pemadam kebakaran standbye di kantornya di Jalan Pelabuhan Tanjungbalai Karimun. (muhsarih)

Karimun, Lendoot.com – Ketika mendapat kabar dari telepon warga terjadi kebakaran di sekitar Teluk Uma, Kecamatan Tebing, dengan cepat petugas pemadam kebakaran (Damkar) Satpol PP Karimun menuju lokasi.

Satu unit kendaraan bomba pun meluncur dengan cepat dari markas di Pelabuhan Tanjungbalai Karmun, Rabu (9/1/2019) pagi tadi. Sirine pun meraung-raung melintas di jalan menuju ke lokasi yang dikabarkan terjadi kebakaran.

Sesampainya di Teluk Uma, seperti dikabarkan, kebakaran dimaksud tidak terjadi. Petugas yang sudah siap sedia akan berjibaku memadamkan api terpaksa kecewa.

“Pagi ini dapat telepon dari warga. Katanya ada rumah terbakar di Teluk Uma. Tetapi saat petugas tiba di lokasi, ternyata tidak ada (kebakaran, red),” tulis seorang petugas Damkar di salah satu sosial media, siang tadi.

Petugas Damkar tersebut melanjutkan, bahwa untuk mencapai lokasi kebakaran banyak resiko yang  harus ditanggung petugas kebakaran. Kendaraan yang melaju demi menyelamatkan rumah dan warga, sangat beresiko terjadi kecelakaan.

“Jadi, kepada masyarakat Karimun mohon kerjasamanya. Untuk tidak main-main dalam memberikan kabar seperti ini. Resikonya besar,” kata petugas Damkar lainnya ketika dikonfirmasi Lendoot.com.

Kepala Seksi Pemadam Kebakaran Rahmadi yang coba dikonfirmasi Lendoot.com terkait kejadian ini belum dapat dihubungi. Hanya saja, beberapa tanggapan dari netizen terkait kabar bohong atau hoax tersebut perlu ditindaklanjuti.

“Laporkan saja. Itu termasuk menyebarkan kabar bohong itu. Membuat masyarakat resah, dan bisa dipidanakan itu,” tulis seorang warga di media sosial facebook. (muhdsarih)