Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 501 RT dan RW di 5 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun menerima Insentif RT dan RW triwulan IV yang disejalankan dengan penyerahan BPJS Ketenagakerjaan yang dilaksanakan di Gedung Nilam Sari Pemkab Karimun, Senin (3/12/2018).

Kelima Kecamatan yang menerima dana insentif RT dan RW triwulan IV yakni, Kecamatan Karimun, Meral, Meral Barat, Tebing dan Buru. Dana insentif diserahkan secara langsung oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Untuk Kecamatan Karimun 106 RT dan 24 RW, Kecamatan Meral 119 RT dan 30 RW, Kecamatan Tebing 62 RT dan 21 RW, Kecamatan Meral Barat 35 RT dan 11 RW dan Kecamatan Buru 64 RT dan 29 RW.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, penyerahan insentif tersebut juga diserahkan BPJS Ketenagakerjaan kepada RT dan RW. Hal tersebut guna memberikan perlindungan kepada mereka.

“Penyerahan BPJS Ketenagakerjaan itu berdasarkan usulan Pemerintah daerah agar RT dan RW di Kabupaten Karimun mendapatkan perlindungan, dengan biaya Rp16.080 yang ditanggung oleh BPJS melalui dana stimulan mereka dengan golongan kelas I, yang artinya Pemerintah Daerah tidak mengeluarkan biaya untuk itu,” kata Rafiq.

BPJS  tersebut diberikan selama mereka menjabat sebagai ketua RT dan RW, namun apabila masa jabatannya telah berakhir dan tidak terpilih kembali menjadi RT dan RW maka BPJS Ketenagakerjaannya akan dicabut akan tetapi mereka dapat mengklaim ke BPJS.

“Mereka ini memperoleh dua keuntungan yakni apabila mereka bekerja di Perusahaan mereka mendapatkan dua jamina baik dari Perusahaan maupun dari RT dan RW dan berlaku untuk keduanya,” ucap Rafiq. (Parulian Turnip)