Penyerahan dana zakat di Mesjid Agung Karimun (ian)
Penyerahan dana zakat di Mesjid Agung Karimun (ian)

Karimun, Lendoot.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Karimun mendistribusikan dana zakat sebesar Rp 351 juta lebih kepada para penerima di tiga kecamatan di Masjid Agung Karimun, Kamis (6/4/2017).

Tiga kecamatan itu di antaranya; Kecamatan Karimun, Meral, Meral Barat, Tebing. Besok (Jumat, 7/4/2017) penyerahan serupa dilaksanakan untuk penerima di Kecamatan Moro.

Total penerima zakat di antaranya fakir miskin 712 orang, fisabilillah 168 orang.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengucapkan terimakasih kepada pengurus Baznas Karimun yang telah berhasil mengumpulkan dana umat sebesar Rp 351 juta lebih di triwulan pertama 2017 ini.

Ia berharap penyaluran dana zakat dari Baznas Karimun benar-benar tepat sasaran.

“Jadi saya harap kepada pengurus Baznas Karimun, agar terus melakukan pemutakhiran data bagi penerima zakat nantinya. Dan lebih baik, diberikan kepada dunia pendidikan bagi generasi penerus yang benar-benar ingin meneruskan pendidikan,” kata Rafiq.

Rafiq menyebut, keberadaan Baznas Karimun sangat membantu Pemkab Karimun dalam pengentasan kemiskinan. Dengan demikian, apabila ditambah dengan dana infaq Rp 1000 yang sudah digalakkan nantinya, sumber dana akan lebih besar lagi untuk diberikan kepada masyarakat kurang mampu.

“Kalau digabung dengan dana infaq akan besar nanti. Bulan lalu sudah tercapai Rp 28 juta dana infaq yang terkumpul. Dan Insya Allah dalam satu tahun akan terkumpul lebih,” ucapnya.

Sementara itu Wakil Ketua Baznas Karimun H Nasrial mengatakan, target 2017 dari Baznas Provinsi Kepri yaitu Rp 2,6 miliar. Sedangkan ditahun 2016 lalu, Baznas Karimun Rp 2,1 miliyar yang melebih target dari Baznas Provinsi Kepri Rp 2 miliar.

“Untuk triwulan pertama hanya Rp 351 juta lebih dan nanti di triwulan kedua biasanya meningkat drastis berbarengan dengan masyarakat melakukan zakat di bulan suci Ramadan,” ucapnya. (ian)