Karimun, Lendoot.com – Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karimun dalam rangka Penyampaian Rekomendasi DPRD Kabupaten Karimun terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Karimun tahun anggaran 2017.

Diketahui, rekomendasi pansus LKPJ Bupati tahun anggaran 2017 telah disetujui secara aklamasi oleh seluruh anggota dewan yang hadir dan dituangkan dalam surat keputusan yang dibacakan Pegawai Sekretariat DPRD.

Dalam hal ini, Ketua Pansus LKPJ Bupati Karimun Tahun Anggaran 2017, Anwar Abubakar menyampaikan, agar bupati melalui OPD terkait melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan penerimaan daerah dengan melakukan reformasi kebijakan, optimalisasi perpajakan dan penerimaan lain-lain yang sah, termasuk efektivitas dan pengendalian manajemen pengelolaan perparkiran.

Hal itu disampaikan karena pansus masih menemukan beberapa hal yang perlu mendapat perhatian pemerintah daerah, terutama pencapaian atau realisasi pendapatan daerah yang menurun dibandingkan 2016.

Sementara itu, Bupati Aunur Rafiq mengatakan, beberapa rekomendasi yang disampaikan oleh pansus menurutnya bersifat normatif, berkaitan dengan pengelolaan keuangan dan penerimaan keuangan.

“Kita memberikan apresiasi. Tadi kita juga diminta menyampaikan tanggapan secara tertulis, dan nanti kita sampaikan secara tertulis. Namun intinya, laporan keterangan dan pertanggungjawaban sudah diterima, namun dengan memberikan rekomendasi agar diperbaiki tahun anggaran mendatang,” kata Rafiq usai rapat.

Rafiq menambahkan, terkait serapan anggaran sekitar 89 persen tersebut menurutnya itu hal yang biasa. “Itu hal biasa, memang tidak pernah ada serapan anggaran 100 persen,” ujarnya. (Riandi)