Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 15 Paguyuban yang ada di Kabupaten Karimun ikuti Pawai Budaya Nusantara Kabupaten Karimun, yang digelar di Coastal Area, Sabtu (13/10/2018) sore.

Kegiatan tersebut merupakan sempena Hari jadi Kabupaten Karimun yang menginjak usia ke-19 tahun yang jatuh pada tanggal 12 Oktober 2018.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karimun Zamri menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan menjalin silaturahmi antar Paguyuban yang ada di Kabupaten Karimun.

“Terselenggaranya kegiatan Pawai Budaya Nusantara Kabupaten Karimun ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar paguyuban yang ada di Kabupaten Karimun,” kata Zamri.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, selain menjalin silaturahmi antar Paguyuban, kegiatan tersebut juga untuk melestarikan masing-masing Budaya yang ada di Kabupaten Karimun.

“Pawai budaya Nusantara Kabupaten Karimun ini dalam rangka melestarikan masing-masing Budaya yang ada di Kabupaten Karimun. Yang mana, sebelumnya Kabupaten Karimun telah menerima penghargaan di Jogjakarta dalam pelestarian serta menjaga kerukunan Budaya atau Paguyuban yang ada di kabupaten Karimun,” ujarnya.

Rafiq menambahkan, kegiatan yang merupakan perdana ini diharapkan menjadi destinasi wisata serta mampu menarik wisatawan yang ingin berlibur di Kabupaten Karimun dapat melihat dan menikmati pertunjukan tersebut.

“Ini merupakan kegiatan perdana dalam perayaan HUT Kabupaten Karimun ke-19. Biasanya kita hanya menyelenggarakan pawai pembangunan. Oleh karena itu diharapkan menjadi destinasi wisata dan menjadi kegiatan tahunan, semoga orang yqng berlibur disini (Karimun) dapat menikmati,” tambahnya.

Rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan pelepasan balon oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq, tanda dimulainya acara pawai budaya Nusantara kabupaten Karimun. (Riandi)