Karimun, Lendoot.com – Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0317/TBK Mayor Inf Imam Subekti memberikan pemahaman mengenai wawasan kebangsaan tentang Bhineka Tunggal Ika dan NKRI kepada para Santri Be A Smart Teenager yang digelar oleh PT. Timah TBK, Minggu (3/6/2018).

Acara yang digelar di Gedung Wisma Timah Kundur Jl. Hang Tuah, Desa Prayun, Kecamatan Kundur Utara, Kabupaten Karimun itu dihadiri oleh Guru Pesantren Ramadhan Bee A Smart Teenager dan 270 Santriwan Santriwati dengan tema BUMN Hadir untuk Negeri.

Dalam penyampaiannya, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0317/TBK Mayor Inf Imam Subekti menyampaikan tentang sejarah bhineka tunggal ika yang ditemukan dalam kitab sutasoma karya empu tantular.

“Bhineka tunggal ika yang berarti berbeda beda terapi tetap satu jiwa. Bhineka tunggal ika adalah sarana keleluasan bagi semua bangsa untuk mengembangkan Kebudayaan, adat istiadat, tradisi, agama, bahasa, tata kehidupan sesuai lingkungan masyarakat,” ucapnya.

Dia mengatakan, konsensus dasar bangsa yaitu, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945, NKRI, dan Pancasila. Nilai toleransi bisa membuat kehidupan menjadi harmonis, rukun dan kompak.

“Ada dua bentuk gotong royong yaitu, gotong royong bentuk tolong menolong, gotong royong bentuk kerja bakti. Dengan kekompakan ini kita bisa menghancurkan musuh musuh yang merusak bangsa,” ujarnya. (Riandi)