Salah satu peserta loma saat tampil di Festival Anak Sholeh
Salah satu peserta loma saat tampil di Festival Anak Sholeh (Istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Ratusan Santri Masjid Nurul Jami, Desa Perayun Kecamatan Kundur, sangat antusias mengikuti lomba Festival Anak Sholeh yang oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau, Jumat (18/8/2017).

Kegiatan yang mengambil tema “Generasi Islam” menggelar berbagai perlombaan, mulai dari lomba Azan, Hapalan Surat Pendek, Hapalan Doa Sehari- hari, Praktek Sholat Shubuh, Lomba Lagu Islami dan Kultum.

Ketua Pelaksana Ulfi Faticha mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih serta meningkatkan bakat dan belajar anak dalam mempelajari ilmu agama Islam.

“Alhamdulillah, antusias anak- anak TPQ Nurul Jami sangat luar biasa, ada sekitar 137 peserta yang mendaftar untuk ikut perlombaan. Tujuan kita untuk berbagi ilmu kepada anak- anak ini,” kata Ulfi, Jumat (18/8/2017).

Ulfi berharap, melalui kegiatan ini para santriawan dan santriwati memiliki wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas mengenai agama, sehingga nantinya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Harapan kita tentunya, dengan mengikuti perlombaan seperti ini, para santriawan dan santriwati memiliki wawasan dan ilmu yang luas mengenai agama dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” harap Ulfi.

Sekretaris Kelompok KKN Desa Perayun Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau, Nurhayani menambahkan bahwa saat ini pengaruh-pengaruh buruk bagi generasi muda semakin memperhatinkan, dengan adanya Festival Anak Soleh ini menjadi momen untuk pembinaan generasi muda agar bisa menyaring bahkan menjadi benteng terhadap pengaruh-pengaruh tersebut.

“Dengan memulai pembinaan sejak usia dini diharapkan akan menjadi anak yang saleh, alim, faqih dan bisa mandiri. Kegiatan ini bermanfaat dan positif untuk pembentukan generasi muda yang memiliki akhlak yang mulia,” kata Nurhayani. (ian)