Karimun, Lendoot.com – Ratusan peserta yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa mengikuti dialog kebangsaan di Gedung Nasional Jalan Yos Sudarso Tanjungbalai Karimun, Rabu (28/3/2018).

Dialog kebangsaan yang bertemakan keislaman dan ke Indonesiaan dalam perspektif kebhinekaan tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Karimun.

Dalam dialog para narasumber memaparkan bagaimana seharusnya pandangan dan tata cara kehidupan berkebhinekaan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Termasuk bagaimana mengantisipasi berita-berita hoax yang marak disebarkan melalui media sosial, yang bertujuan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Selain pengawasan oleh kepolisian, masyarakat juga harus tanggap dan bijak menanggapi berita-berita hoax,” kata Kasat Binmas Polres Karimun, AKP Eriman yang turut sebagai narasumber dalam dialog tersebut.

Adapun yang menjadi peserta dalam dialog ini diantaranya mahasiswa dari HMII, Universitas Karimun, STIE Cakrawala, PC PMII, HMI Cabang TPI Bintan, KAHMI, ‎LDK, siswa ‎SMA Negeri 2 Karimun, ‎SMA Negeri 3 Karimun, ‎SMA Negeri 4 Karimun, SMK Yaspika Karimun, ‎SMK Negeri 1 Karimun, para ‎calon resimen mahasiswa dan calon mentor mahasiswa.

Sementara untuk narasumber yakni, Kapolres Karimun yang diwakili oleh Kasat Binmas, AKP Eriman, Kasi Bina Ideologi dan  Wasbang Kesbangpol Kabupaten Karimun, Abdul Afwi, Kamenag, Lukman, Ketua MUI Kabupaten Karimun, M Rasyid Nur dan Ketua Pemuda BKPMI, Edy Suharyono. (ian)