Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 150 karyawan PT. Karimun Kawasan Dinamika Harmonitama (KDH) melalui Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Karimun mendatangi Kantor DPRD Karimun, Selasa (4/9/2018) pagi.

Ratusan karyawan yang bekerja di penambangan dan perdagangan batugranit tersebut melakukan orasi di depan Kantor DPRD dengan menggunakan spanduk dari karton sebagai bentuk kekecewaan yang kononnya PT tersebut di pailitkan.

Ketua SPSI Kabupaten Karimun Hanis Jasni yang merupakan koordinator aksi tersebut menyebutkan, dalam permasalahan ini pihaknya menduga ada mafia dibaliknya.

“Permasalahan ini sudah pernah terjadi sebelumnya, kami yakin ada dalangnya dibalik ini,” ujarnya.

Dia mengatakan, pihaknya cemas jika perusahaan tersebut dipailitkan akan terjadi PHK besar-besaran. Oleh karena itu, mereka ingin menyampaikan keluhannya kepada Pemerintah melalui DPRD Karimun.

“Aksi hari ini, kami tidak mau perusahaan ini di failitkan, karena ini merupakan sebagai penyambung hidup kami disini. Kami datang kesini untuk minta kejelasan kepada dinas terkait dan DPRD,” katanya.

Dia mengatakan, para karyawan ingin kepastian yang jelas dari perusahaan, apabila tidak ada kejelasan dan kepastian maka karyawan akan melaksanakan aksi yang lebih besar lagi dan akan melibatkan masyarakat yang lebih besar.

“Kami meminta pihak pemerintah agar bisa mengupayakan agar PT KDH yang pailit bisa nantinya tetap beroperasi kembali agar karyawan tidak kehilangan pekerjaannya, kami tidak akan berhenti untuk berjuang,” ujarnya.

Kecurigaan salah seorang karyawan, Musliadi yang melihat beberapa waktu belakangan ini bahwa ada beberapa sebagian alat operasional tambang telah dibawa keluar dengan alasan dipinjam.

“Kami sudah curiga mulai beberapa hari ini alat-alat kerja di situ dibawa keluar oleh pihak manajemen, katanya dipinjam,” ujarnya.

Aksi tersebut berakhir setelah Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Karimun Anwar Abu bakar mempersilahkan perwakilan aksi untuk masuk melakukan mediasi menyampaikan aspirasi mereka.

Dalam Bering tersebut turut dihadiri Wakil Ketua II DPRD Bakti Lubis, Ketua Komisi I DPRD Anwar Ahubakar beserta Rodiansya dan Sulfanov Putra, Kadisnaker Karimun Hazmi Yuliansyah.

Kabidngan Industrial Disnaker Karimun Poniman, Kasat Intelkam Polres Karimun AKP I Made Putra Hari Suargana, Wakapolsek Tebing IPTU ABD Latif, Ketua SPSI Karimun Hanis Jasni beserta 20 karyawan PT. KDH yang tergabung dalam KSPSI. (Riandi)