Petugas gabungan menemukan sarden yang masih dijual di swalayan di Karimun
Petugas gabungan menemukan sarden yang masih dijual di swalayan di Karimun (Riandi)

Karimun, Lendoot.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Karimun bersama Dinas Kesehatan, Disperindag dan Polres Karimun melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) di Swalayan dan kedai-kedai yang ada di Karimun, Selasa (27/3/2018) siang.

Kasatpol PP Kabupaten Karimun, T.A Rahman mengatakan, sidak tersebut digelar berdasarkan hasil uji laboratorium oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), bahwa ada tiga merk sarden yakni, Farmerjack, IO dan Hoki mengandung parasit anaskis sp di Karimun yang membahayakan bila dikonsumsi oleh masyarakat.

“Gejolak ini kita lihat berdasarkan hasil dari Balaipom, bahwa ada beberapa jenis sarden yang tidak boleh dikonsumsi karena mengandung bakteri. Kita tidak ingin masyarakat kita teracuni akibat sarden ini,” katanya.

Dia mengatakan, dengan hal tersebut pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Disperindag, Polres Karimun melakukan sidak di swalayan dan kedai-kedai. Jika kedapatan kita mengambil tindakan untuk tidak diperjual belikan lagi.

“Kita bersama Instansi terkait melakukan sidak tiga merek sarden berbahaya di swalayan dan kedai-kedai yaitu daerah Karimun, Meral dan Tebing,” ujarnya.

Dia menambahkan, dalam sidak tersebut, mereka menemui sebanyak 399 kaleng sarden merk Farmerjack, IO dan Hoki mengandung parasit anaskis berbahaya yang masih dijual di beberapa Swalayan dan kedai-kedai di tiga Kecamatan tersebut.

“Dalam sidak ini, di tiga kecamatan yang kita sisir, kami menemukan sebanyak 399 sarden tiga merek tersebut dibeberapa Swalayan dan kedai-kedai,” tambahnya. (Riandi)