Karimun, Lendoot.com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Tanjungbalai Karimun Cabang Batam menggelar dialog ekonomi daerah di Gedung Nasional Karimun, Kamis (5/7/2018).

Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyampaikan bahwa Kabupaten Karimun memiliki sebanyak 42 Desa yang mana telah melakukan skala prioritas infrastruktur dan sektor lainnya di setiap desa.

“Tingkat kehidupan di desa semakin baik serta pertumbuhan ekonomi pedesaan. Karena 42 desa di Kabupaten Karimun tidak ada lagi yang tertinggal apalagi terisolir,” katanya.

Rafiq menjelaskan, pertumbuhan ekonomi desa saat ini telah diperkuat dengan berbagai hal. Baik melalui dana desa, alokasi dana desa dan APBD. Meskipun belum semua desa memiliki Bumdes, namun pemerintah akan tetap berupaya.

“Meskipun belum menyeluruh, namun dengan adanya alokasi dana desa dan Bumdes bisa menggali potensi sumber daya alam sehingga menambah pendapatan ekonomi di desa itu sendiri. Bumdes wajib dibentuk agar bisa bergerak menjadi simpan pinjam dan membantu ekonomi kreatif,” ujarnya.

Rafiq menambahkan, Pemerintah pusat, Provinsi dan Kabupaten berkomitmen memberikan pendampingan sehingga kelengkapan instrumen pembangunan desa dapat terselesaikan. (riandi)