Karimun, Lendoot.com – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Karimun diminta harus dapat memahami tugas pokoknya masing-masing.

Hal ini dikatakan Bupati Karimun Aunur Rafiq saat menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2018, di Gedung Nasional, Kamis (7/2/2019) kemarin.

“Tim penyusunan LPPD dan tim penghubung harus dapat bekerjasama dengan baik serta OPD harus betu-betul memahami tupoksinya,” kata Rafiq.

Bupati menjelaskan, digelarnya kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan pemahaman tim dalam OPD dalam menyediakan data dan dokumen.

“Tentunya dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan tentang bagaimana melakukan penyusunan LPPD secara baik dan benar. Sebab LPPD ini merupakan indikator utama dalam menilai progres laporan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan di daerah,” jelasnya.

Menurutnya, kinerja Pemkab Karimun saat ini terbilang cukup baik. Pada 2014 lalu Kabupaten Karimun mendapat urutan ke 61 tingkat nasional dari 395 kabupaten/kota. Kemudian pada 2015 turun diurutan 178, namun pada 2016 kembali naik di urutan 73 dari 397 Kabupaten/Kota. (riandi)