Kepala Rutan Karimun, Eri Erawan saat ditemui di ruang kerjanya (ian)
Kepala Rutan Karimun, Eri Erawan saat ditemui di ruang kerjanya (ian)

Karimun, Lendoot.com – Terhitung sejak Januari hingga Agustus 2017, Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun telah memindahkan puluhan narapidana ke Lapas Barelang, Kota Batam.

Kepala Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun, Eri Erawan mengatakan, pemindahan tersebut terpaksa dilakukan untuk menghindari terjadinya kelebihan kapasitas di dalam Rutan.

“Kita terpaksa lakukan pemindahan ini untuk mencegah terjadinya over kapasitas di dalam Rutan. Total sejak Januari hingga Agustus 2017 sudah ada 69 narapidana yang dipindahkan,” kata Eri Erawan beberapa waktu lalu.

Eri Erawan menjelaskan, saat ini Rutan Karimun dihuni sebanyak 376 narapidana, sementara untuk kapasitas Rutan hanya 200 orang. Karena kelebihan kapasitas dapat menimbulkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Jika over maka mereka tinggal dan tidur tidak akan nyaman. Ini bisa menimbulkan kerusuhan antar sesama narapidana,” ucap Eri Erawan.

Eri Erawan menambahkan, para narapidana yang memang berasal dari Karimun merasa berat dipindahkan ke Batam karena keluarga yang akan berkunjung semakin jauh. Namun hal ini harus tetap dilakukan karena mengingat kelebihan hampir mencapai 100 persen. (ian)