Suasana pembongkaran PK5 di Jalan Haji Arab Puakang Karimun, siang tadi. (ist/net)
Suasana pembongkaran PK5 di Jalan Haji Arab Puakang Karimun, siang tadi. (ist/net)

Karimun, Lendoot.com – Setelah melalui proses peringatan untuk membongkar sendiri, lapak para pedagang di Jalan Haji Arab Puakang Kelurahan Sei Lakam Timur, Kecamatan Karimun Kabupaten Karimun Provinsi Kepri, Senin (27/3/2017), akhir dibongkar paksa.

Petugas Satpol PP dibantu aparat TNI, kepolisian membongkar paksa lapak pedagang yang dianggap melanggar aturan tata letak lokasi dagang di kawasan tersebut. Menurut pihak Satpol PP, ada 85 lapak milik pedagang dibongkar paksa.

Dasar pembongkaran ini adalah surat keputusan Bupati Karimun nomor 217 tahun 2017 tentang penertiban kawasan Jalan Haji Arab Kecamatan Karimun yang dianggap sebagai aktivitas pedagang kaki lima (PKL), dengan tujuan untuk penertiban dan penataan serta kebersihan Kota Karimun oleh Satpol PP.

Pembongkaran ini dipimpin langsung Kepala Satpol PP Karimun, TA Rahman didampingi Camat Karimun Arpan dan Lurah Sei Lakam Timur, Gunawan dan sejumlah pejabat di Pemkab Karimun.

Sejumlah pedagang yang menyaksikan langsung pembongkaran lebih banyak diam. Meski ada beberapa yang sempat menolak namun akhirnya petugas yang membongkar paksa lapak jualannya tersebut tetap berlangsung.

 Lapak PK-5 yang terbuat dari kayu dan papan itu terlihat dibongkar. Kemudian material kayunya dimasukan ke dalam truk milik Satpol PP Karimun, kemudian dibawa ke arah Kantor Satpol PP Karimun. (*)