Karimun, Lendoot.com – PT Timah Tbk kembali menyalurkan dana program kemitraan Triwulan III kepada para mitra binaannya di wilayah Propinsi Kepulauan Riau dan Riau.

Sebanyak 31 pelaku UMKM di kedua wilayah tersebut menandatangani akad pinjaman dengan total dana yang dikucurkan sebesar Rp 1,5 miliar.

Penandatanganan berlangsung terpisah, Senin (1/10/2018) di Kabupaten Meranti Propinsi Riau dan Rabu (3/10/2018) di Kundur, Kabupaten Karimun, Propinsi Kepri.

Selain penyaluran Program Kemitraan, diserahkan juga bantuan dari Program Bina Lingkungan dan CSR PT Timah berupa simbolisasi pembangunan Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) di Karimun dan Kundur Barat.

Lalu bantuan prasarana kesehatan untuk puskesmas di Kundur Barat, bantuan sarana ibadah di Desa Sido Mulyo Sawang Selatan, bantuan alat tangkap untuk kelompok nelayan di Desa Gemuruh.

Bantuan pompong untuk anak sekolah di Pulau Setunak dan Desa Tebias Balat, bantuan renovasi balai pemuda Desa Kobel dan jamban untuk tiga desa di Kundur Barat, serta bantuan pendalaman parit warga tani Bukit Senang desa Gemuruh.

Bupati Karimun yang diwakili Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan, Sensissiana dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas bantuan dan tanggungjawab sosial yang telah disalurkan oleh PT Timah.

“Kita berharap selalu terjalin sinergitas dan koordinasi yang baik dalam program pemberdayaan masyarakat sehingga pelaksanaan dari kegiatan ini benar-benar dirasakan oleh masyarakat yang menerima program ini. Khusus kepada PT Timah sekali lagi kami sampaikan apresiasinya, semoga selalu jaya dan terus memberikan manfaatnya kepada masyarakat dan negara,” ujarnya.

Sekretaris Perusahaan PT Timah Amin Haris Sugiarto mengatakan bahwa program bantuan bagi pelaku UMKM ini merupakan bagian dari program kemitraan sekaligus implementasi dari tanggungjawab sosial perusahaan.

“Program Kemitraan PT Timah dibagi atas delapan sektor yakni perdagangan, industri, jasa, perikanan, peternakan, pertanian, perkebunan dan koperasi. Untuk tahun 2018 sudah memasuki tahap ketiga dan dilaksanakan di seluruh wilayah operasional meliputi Bangka, Belitung, Karimun Kundur dan Meranti,” ujarnya.

Program Kemitraan yang dijalankan PT Timah ini merupakan bagian dari tanggungjawab sosial perusahaan sebagaimana diamanatkan melalui peraturan Menteri BUMN nomor per-02/MBU/7/2017 tentang perubahan kedua atas peraturan Menteri BUMN pers-09/MBU/7/2015 tentang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan.

Hadir dalam kegiatan ini GM Kepri dan Riau Adam Darmawan, Kepala Divisi CSR PT Timah Yanuar Soenartono, pejabat di lingkungan Pemkab. Karimun dan pemwrintah desa di Kundur, tokoh masyarakat, pemuka agama dan masyarakat yang menerima bantuan. (Parulian Turnip)