Karimun, Lendoot.com – PT Timah TBK Wilayah Operasi Kepri dan Riau mengirimkan enam pengrajin Kabupaten Karimun untuk mengikuti pelatihan pewter di Kota Pangkal Pinang, Bangka, Bangka Belitung. Para pengrajin pewter tersebut akan mengikuti pelatihan 21 hari. Segala biaya ditanggung PT Timah.

Kepala Unit Metalurgi PT Timah Wilayah Operasi Kepri dan Riau Wiyono mengatakan bahwa keenam orang pengrajin ini merupakan bagian dari program Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang berasal dari satu orang dari Kecamatan Kundur Barat, Tebing, Durai, Meral Barat dan Kecamatan Meral sebanyak 2 orang.

“Ini merupakan bagian dari program Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM), mereka akan mendapat pelatihan selama 21 hari, untuk biaya dan akomodasi ditanggung PT Timah,” kata Wiyono, Kamis (1/2/2018) kemarin.

Pelatihan pewter, menurut dia, merupakan program PPM yang bertujuan menciptakan pelaku usaha khusus, khususnya di bidang pewter, yaitu kerajinan yang menggunakan bahan baku timah.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, pelatihan pewter yang didukung PT Timah merupakan sebuah peluang untuk menciptakan penghasilan, khususnya bagi para pengrajin pewter. Melalui pelatihan ini para pengrajin dapat membuat cenderamata-cenderamata dengan bahan baku timah yang bisa dikerjasamakan dengan PT Timah, perusahaan milik negara yang bergerak di bidang penambangan timah.

“Kerajinan ini membutuhkan kreasi dan inovasi yang tinggi, orang yang menekuninya tentu harus memiliki bakat untuk itu, harus punya jiwa kreasi dan inovasi,” kata Rafiq. (ian)