Karimun, Lendoot.com – PT Timah Tbk kembali membuka Program Beasiswa Kelas unggulan di SMAN 1 Pemali, Kabupaten Bangka tahun pelajaran 2020/2021. Program beasiswa itu diperuntukkan bagi warga kurang mampu di wilayah operasional perusahaan.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Program Kelas Unggulan PT Timah Tbk tahun ini sebanyak 36 siswa dengan kouta, empat siswa dari masing-masing wilayah operasional PT Timah Tbk yakni kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan, Kota Pangkalpinang, Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur, Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau dan Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau.

Program beasiswa kelas unggulan PT Timah Tbk menggunakan sistem boarding yang disertai dengan fasilitas asrama dan kegiatan penunjang lainnya. Para penerima beasiswa ini dibiayai sepenuhnya oleh PT Timah melalui dana CSR baik untuk pendidikan maupun kebutuhan hidup.

“Program ini sudah ada sejak tahun 2000 an dan sudah ada ratusan alumninya, cuma tahun 2015 sempat terhenti karena kita melakukan evaluasi program. Tahun 2017 kembali dibuka dengan formulasi baru sehingga program ini memang betul-betul menyasar siswa berpretasi namun secara ekonomi belum beruntung,” kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan dalam rilis diterima Lendoot.com.

Anggi mengatakan, program beasiswa ini menjadi salah satu program unggulan perusahaan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. PT Timah terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan. Hal ini juga sejalan dengan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang dilakukan secara berkelanjutan.

“Beasiswa ini tidak hanya memberikan pendidikan secara akademis, tapi banyak lagi kegiatan lain yang dilakukan di asrama untuk meningkatkan kemampuan soft skill para siswa. Program ini memang menjadi unggulan dan ini upaya perusahaan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, kita prioritaskan untuk yang kurang mampu,” tambahnya.

Menurutnya, saat ini ada sekitar 100 siswa yang sedang menjalankan pendidikan program ini di SMAN 1 Pemali Bangka yang terbagi dalam tiga tingkatan. Para penerima beasiswa ini juga turut dibekali dengan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kemampuan mereka.

Ia berharap, melalui program beasiswa ini juga turut dapat mengurangi angka putus sekolah khususnya di wilayah operasional PT Timah Tbk. Pendidikan kata dia, menjadi investasi jangka panjang untuk menciptkan sumber daya manusia yang unggul dan terampil.

Adapun teknis pelaksanaan nantinya Anggi menjelaskan, para pendaftar dapat melakukan pendaftaran secara online maupun mendapatkan informasi dari masing-masing sekolah.

Menurut Anggi menyebutkan, sistem penerimaan beasiswa Kelas Unggulan PT Timah Tbk akan melalui berbagai tahapan seleksi, yakni seleksi administrasi, Validasi dan Survei Lapangan, Tes Potensi Akademik, Psikotes, Wawancara, dan Analisa Psikologi Klinis, dan tes Kesehatan.

Berbeda dari tahun sebelumnya, proses pendaftaran dilaksanakan dengan sistem online dengan mengisi dan melengkapi kelengkapan dokumen pada aplikasi yang telah disiapkan panitia. Sama halnya dengan seleksi Tes Potensi Akademik, psikotes dan wawancara dan analisa psikologis klinis dilaksanakan secara online.

“Sistem seleksinya berlangsung sangat selektif, karena memang kita ingin memprioritaskan siswa yang berprestasi tapi secara ekonomi kurang beruntung. Tim yang dibentuk untuk seleksi juga melibatkan beberapa pihak seperti dinas pendidikan, tim dari PT Timah, tim dari SMAN 1 Pemali dan Pengurus asrama kelas beasiswa PT Timah,” katanya.
Berikut Jadwal Penerimaan Peserta Didik Kelas Unggulan PT Timah Tbk

18 Mei – 3 Juni 2020: Pendaftaran Melalui Online

4-7 Juni 2020: Seleksi Administrasi

8 Juni 2020: Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi

8-10 Juni 2020: Validasi dan Survei Lapangan
22 Juni 2020: Pengumuman hasil tes potensi akademik, psikotes, wawancara dan informasi tes kesehatan.
24-26 Juni 2020 : Tes Kesehatan
30 Juni 2020 :Pengumuman Peserta Didik yang diterima pada Program Kelas Beasiswa PT Timah Tbk

6-8 Juli 2020: Daftar Ulang Peserta Didik yang dinyatakan diterima

13 Juli 2020: Penyerahan Peserta Didik Baru. (rk)