Kapsul sabu yang disembunyikan dalam anus. (insert Anwas Sadak, terduga pelaku). (KMG)
Kapsul sabu yang disembunyikan dalam anus. (insert Anwas Sadak, terduga pelaku). (KMG)

Batam, Lendoot.com – Pemeriksaan ketat terhadap bawaan barang dan penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, membuahkan hasil.

Seorang terduga kurir narkoba yang tertangkap di bandara terbesar di Kepri ini. Anwar Sakdan (32) asal Aceh tertangkap membawa sabu-sabu dalam kapsul karet yang dimasukkan ke dalam anusnya, Rabu (5/12/2017) tadi.

Ketika melintas di gerbang x-ray, tas dan ikat pinggang dan ponsel pria asal Bireun Aceh memang dimasukkan dalam sebuah kotak yang disediakan. Nah, begitu melintas di gate metal detector, lampu merah pun menyala dan berbunyi.

Saat bunyi itu, Anwar langsung panik. Wajahnya berubah pucat pasi. Situasi ini pun membuat petugas curiga berat dengannya.

“Kemudian yang bersangkutan dibawa ke ruang pemeriksaan khusus. Kita bongkar sepatunya, kita geledah tubuh bagian luarnya tidak dijumpai narkoba,” jelas Kabid Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Bea dan Cukai Batam, Raden Evy Suhartantyo kepada wartawan Kepri Media Group.

Tak langsung percaya, petugas meyakini ada sesuatu yang tak beres di tubuh pria berambut gondrong itu. Sehingga petugas melakukan pemeriksaan lebih mendetai lagi.

Akhirnya, petugas menemukan sesuatu yang ganjil di anusnya. “Kita bawa ke RS Awal Bros, ternyata dalam anusnya terdapat tiga kantong sabu-sabu seberat 169 gram.

Selepas dikeluarkan, Anwar dibawa ke KPU Bea dan Cukai Batam. Sebelum akhirnya diserahkan ke Polresta Barelang.

Anwar adalah calon penumpang pesawat Lion Air JT 971 tujuan Kuala Namo, Medan Sumatera utara.

Sebelumnya, satu temannya yang sama-sama berasal dari Aceh baru tertangkap juga membawa sabu-sabu di bandara yang sama. Hanya saja, cara menyimpan sabu dilakaukan dengan cara dimasukan dalam sepatu. (KMG/sjs)