Karimun, Lendoot.com – Kondisi ponton dan ramdoor di pelabuhan Kampung Asam, Desa Teluk Radang, Kecamatan Kundur Utara, Kabupaten Karimun kondisinya rusak berat.

Meski kondisinya rusak berat, hingga saat ini pihak pemerintah belum juga melakukan perbaikan atas ponton dan ramdoor tersebut.

Seperti tiang-tiang besi bagian atas ponton sudah terlepas. Begitu juga dengan ramdoor penghubung dermaga ke ponton. Lantai jembatan yang terbuat dari besi tersebut sudah ada yang jebol. Bahkan warga terpaksa meletakan kayu agar bisa melewati lantai yang jebol.

Lantai ramdoor juga sangat licin apabila terjadi hujan atau dalam kondisi basah. Warga harus sangat berhati-hati untuk menuju ponton ataupun menuju dermaga. Terlebih lagi ketika air laut pasang yang membuat ponton ikut turun.

Di pagar ramdoor ada sebuah spanduk imbauan dari Dinas Perhubungan yang bertuliskan “Diharapkan kepada masyarakat Kampung Asam dan Sekitarnya untuk tidak menggunakan ponton ini karena dalam keadaan rusak berat”.

“Ya kondisinya seperti itu lah. Orang yang lewat harus berhati-hati. Apalagi kalau bawa barang banyak,” kata seorang warga Kundur Utara, Amin, Jumat (24//8/2018) lalu.

Amin menyebutkan ada warga yang tergelincir karena kondisi pelabuhan yang seperti itu. Oleh karena itu Ia berharap agar instansi terkait dapat segera memperbaikinya. Pelabuhan yang rusak tersebut menurut Amin sudah cukup lama.

“Jelas bahaya. Kalau yang tergelincir sampai hampir jatuh banyak. Maunya segera diperbaiki,” ujarnya.

Pelabuhan Kampung Asam merupakan satu akses masuk dari beberapa pelabuhan lainnya ke Pulau Kundur, terutama bagi penumpang speedboat dari Pulau Karimun menuju Teluk Radang, Prayun dan sekitarnya. (Parulian Turnip)