Karimun, Lendoot.com – Polsek Tebing melaksanakan apel Cipta Kondisi (Cipkon) guna melakukan pengecekan kepada seluruh pedagang petasan dan kembang api di wilayah Kecamatan Tebing, Sabtu (26/5/2018) sekira pukul 16.30 WIB.

Sebanyak sembilan personil dari Polsek Tebing melakukan pengecekan serta penertiban di Pasar PN Teluk Uma, Simpang Pasar PN (depan Toko A Mong), Jl.Pertambangan (depan Toko Century), Simpang Jl.H.Parmen Pamak Laut.

Kapolsek Tebing AKP Budi Hartono mengatakan, dari hasil pengecekan yang dilakukan tersebut ada beberapa pedagang yang belum mengantongi izin atau memiliki surat keterangan yang dikeluarkan oleh Polda Kepri.

“Untuk mercon yang menjadi temuan dan beberapa bunga api yang tidak memiliki izin diamankan setiap 1 jenis merk, dengan dasar Perkap No 2 Tahun 2008 tentang Wasdalpam Handak dan UU Darurat No. 12 tahun 1951, diamankan di Polsek Tebing,” kata Budi.

Menurutnya, untuk data dokumen perizinan yang dimiliki beberapa pedagang tidak jelas asal usulnya, karena tidak adanya surat penunjukan dari perusahaan yang diberi izin kepada agen/distributor.

“Para pedagang bunga api ini banyak memanfaatkan foto copy surat Izin yang bukan atas nama agen/distributor resmi yang diberi izin, ataupun tidak adanya surat penunjukan dari perusahaan kepada agen penjual. Karena terlihat dari barang yang dijual tidak sesuai dengan lampiran surat Izin yang ada,” ujarnya

Budi menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta menciptakan Sitkamtibmas aman dan kondusif pada Bulan Suci Ramadhan 1439 H.

“Masih ada pedagang bunga api yang menjual mercon, sehingga bisa mengakibatkan resiko keselamatan bagi orang yang berada disekitarnya. Maka dari itu melakukan pengecekan sekaligus penertiban,” katanya. (Riandi)