Kapolsek Tebing, AKP Budi Hartono sedang memeriksa makanan disalah satu Supermarket diwilayah Kecamatan Tebing.
Kapolsek Tebing, AKP Budi Hartono sedang memeriksa makanan disalah satu Supermarket diwilayah Kecamatan Tebing.

Karimun, Lendoot.com – Polsek Tebing bersama Disperindag Kabupaten Karimun turun langsung ke Pasar Teluk Uma, Kecamatan Tebing untuk mengecek harga sembako dan makanan dan minuman kedaluwarsa yang dijual dipasar, Senin (5/6/2017).

Kapolsek Tebing, AKP Budi Hartono mengtakan tujuan dilakukannya pengecekan ini adalah untuk memantau harga sembako dipasar dan juga untuk mengantisipasi adanya makanan serta minuman kedaluwarsa yang dijual oleh para pedagang.

“Masyarakat harus lebih cermat dalam berbelanja, khususnya warga Kecamatan Tebing. Jangan karena harganya murah lalu asal beli tanpa mengecek dulu waktu kedaluwarsanya, itu akan memicu penyakit muncul bahkan bisa keracunan karena makanan atau minuman yang dibelu sudah tidak layak konsumsi ( kedaluwarsa ),” kata Kapolsek Tebing, AKP Budi Hartono, Senin (5/6/2017).

Untuk pengecekan makanan dan minuman kedaluwarsa, Kapolsek Tebing, AKP Budi Hartono menyebut pihaknya fokus kepada pengecekan di Supermarket, Minimarket, Toko dan pasar yang berada diwilayah Kecamatan Tebing.

“Pengecekan makanan dan minuman kadaluarsa ini kita fokuskan di supermarket, minimarket dan juga toko-toko grosir yang ada diwilayah Kecamatan Tebing, sesuai dengan wilayah tugas kita,” ucap Budi Hartono.

Dari hasil pengecekan, Budi menjelaskan pihaknya menemukan beberapa makanan dan minuman yang sudah kedaluwarsa dari supermaket dan minimarket serta toko dan juga di pasar PN Teluk Uma.

Seperti di Supermarket Daily Mart ditemukan Roti Kacang merk Aromanis yang sudah kedaluwarsa, barang yang tidak ada label masa kedaluwarsa yakni, Kerupuk Ikan merk Sedap, Kerupuk kering merk 888, Kerupukuk Udang merk Enak, Kerupuk kering merk Kerupuk Ikan, PIA Mek Toko Istemawa.

Lalu dari Toko A Mong ditemukan Korma tanpa merk, Blacan tanpa merk, di Toko Glory ditemukan Roti kering tanpa merk, Roti Sari Kaya merk Bintang Tiga dan Asam Jawa merk Asam Jawa King yang telah kedaluwarsa, Supermarket INDO PN ditemukan dua Botol Sosis Ayam siap makan merk Kimbo dan Barang yang tidak ada label masa kedaluwarsa yakni Kerupuk Bona, Kerupuk Jengkol Murni, Satay Jelly Fish, Kerupuk Kencana Snack, Akar Kelapa merk Kencana.

Kemudian, dari Mini Market Maju Jaya ditemukan Satu Botol Kecap merk ABC dan Roti Morning Backry yang sudah kedaluwarsa, dari Mini Market Poros Niaga ditemukan barang yang tidak ada label masa kedaluwarsa yakni, Kerupuk Ikan Mentah merk Kerupuk Ikan, Sagu tanpa merk dan Susu kental manis merk cap Enak.

Setelah dilakukannya pengecekan, selanjutnya barang kedaluwarsa dan barang yang tidak memiliki label masa kadaluarsa diambil sample dan kemudian diamankan Polsek Tebing.

“Setelah didapati barang yang telah kedaluwarsa kita bersama Disperindag menyampaikan kepada pedagang dan pemilik untuk menempelkan label kedaluwarsa pada setiap barang yang dijual. Juga kita minta agar mereka teliti terhadap barang yang telah habis masa berlakunya,” ucapnya. (ian)