71 TKI diamankan Polresta Barelang
71 TKI diamankan Polresta Barelang (Ist)

Batam, Lendoot.com – Satuan Unit Reserse Kriminal Polresta Barelang berhasil mengamankan puluhan pekerja dari negara tetangga, melalui pelabuhan ilegal yang mencoba masuk ke wilayah Indonesia sekitar pukul 03.40 WIB, Kamis, (03/05/2018).

Sekitar 71 TKI berikut awak kapal dan saksi diamankan petugas di Pantai Bale-bale, Nongsa, Batam.

Seperti dilansir dari Batamclick.id, sebanyak 14 wanita, dan 57 pria itu berasal dari berbagai daerah. Saat ini, para tenaga kerja, saksi dan tekong digelandang ke Mapolres Barelang untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Seorang TKI asal Lombok, Nusa Tenggara Barat, Imran mengatakan, mereka dibawa dari Malaysia sekitar pukul 2.00 WIB. Para TKI mengaku membayar sejumlah uang kepada tekong untuk diantar memasuki wilayah Indonesia yang besarannya beragam, mulai RM1.200 hingga RM1.400 perorang.

“Di sana kita orang kerja di kebun sawit, digaji RM 50 Ringgit sehari, dan tidak termasuk makan. Kita betolak ada sekitar 71 orang termasuk 2 anak kecik (cewek, 1.2 tahun dan cowok, 2.4 tahun),” terangnya.

Di tempat yang sama, pasangan suami istri bernama Nur dan Aris menuturkan, mereka pulang untuk bersiap menghadapi hari raya Idul Fitri dan memasukkan anak sekolah.

Nur mengatakan, dirinya telah bekerja selama enam tahun di sebuah rumah makan di Hulu Klang, Selangor, Malaysia.

“Mana lagi anak yang tua mau masuk kuliah, dan untuk ongkos yang diminta tekong, kita bayar RM520 satu orang, karena kita turun di Batam tidak lanjut ke kampung, kalau langsung kampung RM1.000 lebih,” ungkap Aris. (*)

Sumber: Batamclick.com