Tanjungpinang, Lendoot.com – Untuk mensukseskan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan legislatif (Pileg) April 2019 mendatang, Polres Tanjungpinang kerahkan 551 personel untuk penjagaan di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hal ini dikatakan Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasden Silalahi saat menghadiri sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan Uji Kompetensi Jurnalistik (UKJ) yang diselenggarakan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Tanjungpinang bersama AJI Indonesia, Sabtu (22/12/2018) kemarin di hotel Comforta, Tanjungpinang.,

“Kita akan Kerahkan 350 personel 2/3 dari jumlah anggota Polres Tanjungpinang sebanyak 551 yang akan kita tugasnya di TPS yang ada. Di situ juga kita akan dibantu oleh TNI,”

Dalam mengantisipasi kerawanan yang terjadi Kapolres menuturkan bahwa pihaknya akan melakukan pendeteksian secara dini untuk dapat mendeteksi baik sekecil dan sebesar apapun tingkat kerawanan itu.

“Kami selalu mengedepankan deteksi dini, jadi seawal mungkin kami dapat mendeteksinya baik sekecil dan sebesar apapun tingkat kerawanan itu,” tuturnya.

Orang nomor satu di Polres Tanjungpinang itu menambahkan, Untuk menciptakan Kamtibmas aman dan kondusif itu Polri tidak bisa berjalan sendiri tanpa adanya dukungan dari masyarakat, TNI dan instansi pemerintahan.

“Untuk menciptakan Kamtibmas yang mantap kami juga tidak bisa bekerja sendiri, diperlukan kerja sama dari instansi lain seperti TNI, itu instansi pemerintah dan masyarakat,”tambahnya.

Sementara itu, Hendri Sanopaka sejak Akademisi (Pengamat Politik) Tanjungpinang menilai Pemilu tahun 2019 ini merupakan pertama kali diselenggarakan secara serentak antar Pilpres dan Pileg.

“Pemilu cerdas dan ber integritas. Pemilu tahun ini adalah serentak dilakukan antara pemilihan presiden dan pemilihan legislatif. Namun Ini sudah menjadi sebuah keputusan atau kebijakan yang telah diatur dalam undang-undang. Maka diharapkan nantinya semua harus menerima dan bisa melaksanakan dengan sukses dan aman,” ujarnya. (Riandi)