Wakapolres Karimun, Kompol Agung Gima Sunarya selaku Kasatgas Nusantara menunjukkan sistem kerja di ruangan Posko Nusantara milik Polres Karimun
Wakapolres Karimun, Kompol Agung Gima Sunarya selaku Kasatgas Nusantara menunjukkan sistem kerja di ruangan Posko Nusantara milik Polres Karimun (Parulian Turnip)

Karimun, Lendoot.com – Polres Karimun membentuk Posko Satgas Nusantara guna mengantisipasi penyebaran berita hoax yang beredar di media sosia (Medsos)

Wakapolres Karimun, Kompol Agung Gima Sunarya selaku Kasatgas Nusantara menjelaskan, pembentukan posko satgas nusantara ini bertujuan untuk mengontrol adanya pemberitaan-pemberitaan yang memuat isu sara atau hoax di media sosial.

“Satgas nusantara ini sengaja kita buat di Polres Karimun yang bertujuan patroli atau mengontrol adanya pemberitaan-pemberitaan yang bersifat hoax beredar di akun media,” jelasnya, Jumat (2/11/2018).

Gima mengatakan, Satgas Nusantara ini diadakan setelah Polda Kepri yang tak lain juga bertujuan memberikan kedamaian masyarakat dalam menjelang pemilu tahun 2019 mendatang.

“Perlu diketahui, Posko Satgas Nusantara ini pertama kali dilaksanakan di Polres Karimun setelah Polda Kepri. Bahwa kita ketahui pemberitaan-pemberitaan hoax menjelang pemilu ini sangat banyak, jadi ini salah satu fungsinya,” katanya.

Gima mengatakan, Posko Satgas Nusantara ini didalamnya ada lima personil yang bekerja jika terdapat berita hoax, tim akan langsung mentakedown berita tersebut.

“Posko satgas nusantara ini diawaki oleh 5 personil, satu ke posko dan empatnya lagi operator. Jadi apabila kita dapat link yang berbau hoax ini langsung kita berikan ke cyber patrol untuk mentakedown dalam arti kata menghilangkan pemberitaan tersebut,” ujarnya.

Gima menambahkan, jika nantinya tim menemukan adanya pemberitaan hoax tersebut akan ditindaklanjuti dan akan diproses sesuai hukum.

“Jika terdapat pemberitaan tersebut akan kita tindaklanjuti sampai proses pidana,” tambahnya. (Riandi)