Suasana rilis Ditpolair Polda Kepri. (ist/net)
Suasana rilis Ditpolair Polda Kepri. (ist/net)

Lendoot.com, Batam –   Ditpol Air Polda Kepri mengamankan muatan berupa hewan jenis sebanyak 70 keranjang berisikan hewan jenis burung. Dalam rilis yang disampaikan, Jumat (3/3/2017), burung-burung tersebut berasal dari Malaysia.

Kasus ini berawal, Kamis (2/3/2017) sekira pukul 01.30 Wib, anggota Dit Pol Air Polda Kepri melaksanakan penyelidikan di sekitar Teluk Mata Ikan Kelurahan Batu Besar Kecamatan Nongsa, mendapatkan Informasi dari masyarakat bahwa akan ada dua unit mobil yang membawa muatan berupa hewan jenis burung diduga burung tersebut berasal dari Malaysia.

Setelah mendapatkan Informasi tersebut anggota Dit Pol Air Polda Kepri langsung melakukan penyelidikan dan pengintaian di sekitar Teluk Mata Ikan, sekira pukul 02.00 Wib anggota Dit Pol Air Polda Kepri memergoki dan mengamankan satu unit mobil merk Toyota Avanza warna hitam, dan satu unit Mobil Nissan Evalia warna putih.

Pasal yang dilanggar di antaranya; pasal 5 Jo pasal 31 ayat1 UU RI nomor 16 tahun 1992 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan. Pelakunya diancam hukuman pidana penjara paling lama tiga tahun dan denda paling banyak Rp 15 juta.

Ekspos tangkapan kepada awak media ini dilaksanakan di kantor Balai Karantina pertanian Kelas I Kota Batam, Jumat (3/3/2017). Dihadiri Dirpol Air Polda Kepri Kombes Pol Teddy J.S Marbun SH, M.Hum dan Kepala Balai Karantina Kota Batam yang mewakili, Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Kepri, AKBP Eddy. (*/sjs)