Seorang petugas Satlantas Polres Karimun saat melakukan hunting pengendara sepeda motor di Sei Lakam, pagi tadi. (istimewa)
Seorang petugas Satlantas Polres Karimun saat melakukan hunting pengendara sepeda motor di Sei Lakam, pagi tadi. (istimewa)

Karimun, Lendoot.com – Jajaran Satlantas Polres Karimun akan melakukan hunting atau pengejaran rutin terhadap para pengendara sepeda motor, khususnya pengendara yang tidak taat aturan hukum, seperti tidak mengenakan helmet saat berkendara.

Ini sudah dilakukan, Senin (16/1/2017) pagi tadi. Beberapa titik jalan keramaian seperti di Jalan Ahmad Yani Kolong Karimun, beberapa pengendara yang tidak mengenakan helmet saat berkendara, dikenai pemberhentian paksa oleh petugas Polantas Karimun.

Ini juga diungkapkan Kasatlantas Polres Karimun, AKP Syamsurizal yang mengatakan kegiatan hunting ini dilakukan untuk mengimbau kepada masyarakat agar selalu menggunakan helmet saat berkendara roda dua.

“Kegiatan tadi bukan razia. Intinya untuk menghimbau kepada masyarakat agar selalu menggunakan helmet saat berkendara roda dua,” kata Kasatlantas Polres Karimun, AKP Syamsurizal saat ditemui di Mapolres Karimun.

Syamsurizal juga mengatakan, pihaknya selama ini terus melakukan upaya peningkatan kesadaran agar masyarakat saat berkendara, khususnya untuk selalu menggunakan helmet. Sebab menurutnya selama 2016, rata-rata korban yang meninggal kebanyakan tidak menggunakan helmet.

“Selama ini kita terus mengajak masyarakat agar selalu menggunakan helm saat berkendara. Dari data yang ada selama 2016 korban meninggal tidak menggunakan helmet,” ucap Syamsurizal.

Sementara untuk penanganan di pulau-pulau, Syamsurizal menyebut masih difokuskan di Pulau Karimun dikarenakan terbatasnya jarak dan personel yang ada.

“Untuk prioritas pertama yang di pulau Karimun, karena keterbatasan personel dan juga jarak yang jauh di luar pulau-pulau. Tapi nanti tetap akan kita lakukan secara pelan-pelan pembenahan untuk yang ada di luar pulau Karimun,” jelas Syamsurizal. (ian)