Pokcai ini sangat ,membantu wargta Kerandin Lingga sebagai akses jalan laut ke pulai seberangnya. (wartakepri)
Pokcai ini sangat ,membantu wargta Kerandin Lingga sebagai akses jalan laut ke pulai seberangnya. (wartakepri)

Lingga, Lendoot.com – Warga Kerandin sudah hampir setahun ini menyediakan jasa angkutan penyeberangan sungai yang beroperasi setiap hari di Sungai Kerandin, Kecamatan Lingga Timur, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri.=

Alat transportasi baik darat laut maupun udara yang sangat dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat terutama masyarakat yang berada di pelosok negeri. Termasuk di Lingga.

Akses jalan di Kecamatan Lingga Timur Kabupaten Lingga ini terdiri dari bukit yang masih tinggi ditambah rute jalan yang masih banyak belum diperbaiki. Dampaknya cukup rawan untuk dilewati pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat.

Rute jalan yang cukup jauh, berbukit dan kurang bagus membuat salah seorang warga Kerandin mempunnyai inisiatif untuk membuat transportasi penyebrangan sungai dari Kerandin ke Desa Pekaka.

”ini punnye orang kampung kerandin la punnye pribadi beliau untuk ngangkut kendaraan dan orang nyebrang dari sungai kerandin ke pekake” ungkap salah seorang warga, akhir pekan lalu.

Tranportasi penyebrangan laut ini di sebut pokcai atau bahasa orang kampung Roro (roll on roll off) mini.

Roro mini atau disebut warga sebagai Pokcai itu sangat membantu warga Lingga dan sekitarnya. Harga tiket terbilang murah hanya Rp 5000 untuk kendaraan roda dua sekaligus penumpang, serta jika penumpang saja Rp 2000 per orang.

Kehadiran pokcai ini sangatla membantu karena selain harganya terjangkau jarak tempuh darat yang biasa dari kerandin ke pekaka 30 menit ini hannya di tempuh 5 menit.

”Tiket motor Rp 5000 sekaligus orang dan jika perorang Rp 2000/orang, jarak tempuh nyebrang sungai hannya 2 menit kalau jalan darat 30 menit lewat sini hannya 5 menit saja” tutupnya.(KMG/Raviazhar)