Petugas PLN sedang memeriksa kerjas mesin di PLTD Bukit Carok. Foto diambil beberapa waktu lalu. (dok lendoot)
Petugas PLN sedang memeriksa kerjas mesin di PLTD Bukit Carok. Foto diambil beberapa waktu lalu. (dok lendoot)

Karimun, Lendoot.com – Kantor PLN Rayon Tanjungbalai Karimun membangun tempat beroperasinya mesin pembangkit listrik diesel (PLTD) berdaya 17 Mega Watt (MW) di Bukit Carok, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun.

Kepala Kantor PLN Tanjungbalai Karimun mengatakan bahwa pembangunan mesin PLTD baru ini bertujuan untuk memperkuat sistem kelistrikan Tanjung Balai Karimun.

“Kita bangun mesin PLTD baru ini bukan berarti daya kita tidak cukup. Tapi untuk memperkuat sitem kelistrikan di Karimun,” kata kepala PLN Tanjung Balai Karimun, Fauzan, Kamis (6/4/2017).

Fauzan juga mengatakan, dari pembangunan mesin PLTD berkapasitas 17 MW ini akan dibagi ke Kecamatan Buru 500 Kw. Sisanya untuk memperkuat kelistrikan di Karimun.

Namun katanya, untuk saat ini pembangunan tersebut baru tahap pembangunan gedungnya saja. Sementara untuk kedatangan mesin Fauzan mengaku belum dapat memastikan kapan tiba di Karimun.

“Sekarang pembangunan gedungnya dalam proses, untuk mesin kita belum tau kapan tiba di Karimun, yang jelas kalau nanti sudah tiba akan kita informasikan lagi,” ucapnya.

Menanggapi kabar ini, sejumlah masyarakat sangat menyambut baik. Sebagian berharap agar adanya tambahan mesin PLTD Carok nanti mengurangi pemadaman bergilir di Pulau Karimun.

“Semoga saja dengan kabar bakal ada mesin baru datang¬†ke PLTD Bukit Carok tu tidak ada lagi pemadaman bergilir seperti sebelumnya,” harap Bams seorang warga Karimun tadi siang.¬†(ian)