Karimun, Lendoot.com – Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menjadi daerah terbaik dalam tingkat kesembuhan virus Corona atau Covid-19 tertinggi dibanding dengan wilayah-wilayah lain di seluruh Indonesia.

Hal ini dikatakan Plt Gubernur Kepri Isdianto beberapa waktu lalu saat mendistribusi 35 ribu paket sembako kepada Pemkab Karimun di Gedung Nasional.

“Peran serta masyarakat sangat mempengaruhi selain Tim Gugus Tugas Covid-19, sehingga Kepri bisa menjadi provinsi terbaik dalam hal penanganan Covid-19 di Indonesia,” ujarnya.

Isdianto menjelaskan, tren penyebaran wabah Covid-19 di Kepri terus mengalami penurunan, bahkan terdapat tiga daerah yang tidak terkena dampak Covid-19 yakni Kabupaten Lingga, Kabupaten Anambas dan Kabupaten Natuna.

“Jadi trennya terus menurun. Bahkan beberapa Kabupaten yang ada di Kepri seperti Kabupaten Lingga, Kabupaten Anambas dan Kabupaten Natuna tidak terdampak wabah Covid-19,” jelasnya.

Isdianto juga optimis, bahwa pada bulan Juli mendatang sudah dinyatakan aman, hanya saja tinggal penyempurnaannya saja.

“Saya sakin bulan 7 (Jilo, red) kita sudah aman corona. Tinggal penyempurnaan saja ke depan. Oleh karena itu, kerjasama yang baik ini harus diteruskan, sehingga pada bulan Juli itu kita harapkan sudah zero dari wabah Covid-19 ini,” katanya.

Diketahui, berdasarkan data yang disampaikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 per Kamis (14/5), kini ada sebanyak 112 positif, 11 meninggal, dan 79 sembuh.

Kemudian, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kepri sebanyak 447 PDP; Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 3.986 orang; dan Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 4.192 orang. (rnd)