Sarden merek Nagos Mackerel
Sarden merek Nagos Mackerel

Karimun, Lendoot.com – Genaral Manajer PT MMP distributor produk Nagos Mackarel, Hindra mengatakan bahwa sarden yang mereka jual dipastikan aman dan bebas dari cacing pita.

Hal tersebut diungkapkannya menanggapi terkait kabar ditemukannya cacing pita dalam kemasan sarden mereka Nagos yang dijual di Indo PN.

“Untuk produk yang kami jual pasti aman, karena sebelum buka kontainer, pihak karantina ada mengambil produk kami untuk lab test, dan hibahan ini sudah mulai dari Januari 2018,” kata Hindra kepada Lendoot.com, Minggu (18/3/2018).

Hindra menyebut bahwa, untuk produk yang ingin didistribusikan sebelumnya sudah melalui pemeriksaan pihak Karantina. Ia menjelaskan bahwa garis keputihan tersebut merupakan serat-serat bagian dari ikan.

“Secara kasat mata, kami duga bahwa garis keputihan tersebut hanya serat – serat bagian dari ikan. Dan selama ini untuk pemasukan produk Mackarel Nagos, kami selalu mengikuti prosedur pemerintah,” ucapnya.

“Setiap kontainer yang masuk juga ada diambil sample dan di tes oleh Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas I Batam, untuk memastikan kualitas produk kami,” tambahnya.

Beberapa pemeriksaan itu diantaranya, metode mikroskopis morfologis, metoda konvensional, uji mikrobiologi, alc/tcp, eschericia colo, salmonella dan nematodos anik sados.

Diberitakan sebelumnya, seorang warga di Karimun dikabarkan menemukan cacing pita di dalam kemasan Sarden merek Nagos dan memposting temuannya di grub WA. (ian)