Batam, Lendoot.com – Diklat Maritime National Training Center (MNTC) Batam mendapat penghargaan sebagai diklat dibidang Maritime terbaik dari Kementerian Perhubungan.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Pelabuhan Kelas I Batam Capt. Barlet di sela-sela acara kampanye keselamatan pelayaran yang diadakan pelabuhan umum PT Bintang 99, 5 Desember 2018 yang lalu di Batam.

Keberhasilan Diklat MNTC Batam meraih penghargaan diklat maritime terbaik karena dinilai selama ini telah banyak membantu Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan untuk ikut mengkampanyekan akan pentingnya Keselamatan Pelayaran.

Di mana selama ini MNTC Batam mengajar dan melatih taruna taruni calon pelaut, masyarakat, para nelayan tentang aturan-aturan pelayaran demi keselamatan di laut serta melatih tindakan-tindakan yang dilakukan apabila terjadi kecelakaan di laut.

Pada kesempatan tersebut, taruna taruni MNTC Batam juga memperagakan simulasi penanggulangan kecelakaan kapal di dermaga PT Bintang 99 yang diadakan oleh Kanpel Batam, acara tersebut turut dihadiri oleh Gubernur Kepri, Nurdin Basirun.

Diklat MNTC Batam didirikan oleh Putra Daerah asal Tanjungbatu Kundur Kabupaten Karimun, atau sering dikenal dengan nama “Bay Si Anak Pulau” yang juga merupakan pengusaha kapal penumpang dari Tg. Balai Karimun ke Kukup Malaysia.

Bay si Anak Pulau ini merasa bersyukur kepada sang pencipta dan berterima kasih kepada Pemerintah yang telah selalu mendukung kegiatan-kegiatan diklat MNTC dan banyak memberi petunjuk dan pelajaran sehingga MNTC tumbuh dan berkembang besar.

“Kami juga berterima kasih kepada Pemerintah yang selalu mendukung kegiatan-kegiatan diklat kami dan banyak memberi petunjuk kepada kami sehingga kami bisa tumbuh besar seperti sekarang,” kata Bay.

Sebagai rasa syukur, Bay mengatakan untuk tahun 2019 nanti, pihaknya akan memberikan pelatihan gratis untuk mendapatkan sertifikat Basic Safety Training (BST) dan Buku Pelaut kepada 100 calon peserta yang kurang mampu namun mempunyai keinginan kuat untuk menjadi pelaut yang berasal dari Daerah Kabupaten Karimun.

“Untuk mengikutinya calon peserta hanya cukup menunjuk KTP asal Kabupaten Karimun dan surat Keterangan kurang mampu dari instansi terkait,” ujarnya.

Dirinya juga menyebut, untuk di tahun selanjutnya pihaknya akan menambah jumlah calon peserta untuk program beasiswa bagi masyarakat yang kurang mampu dan bukan hanya berasal dari daerah Karimun, tetapi juga untuk seluruh masyarakat Kepri.

Dikat MNTC Batam yang berkantor First City Complex Blok 3 Batam Center mempunyai tempat pusat pelatihan dengan fasilitas yang lengkap di atas lahan seluas 4 hektar di Jl Komp. Pendidikan dan Wisata Maritime No. 01 Tg. Buntung Bengkong Batam.

Adapun program diklat yang dapat diambil di sana adalah seperti BST, MFA, SAT, SDSD, SSO, CCM dan Revalidasi, namun untuk tahun depan ada penambahan beberapa program diklat lainnya yang dibutuhkan oleh pelaut sehingga masyarakat Kepri tidak perlu pergi jauh untuk mendapatkan sertifikat yang dibutuhkan. (*)