Jakarta, Lendoot.com – Pengendara mobil ataupun motor di beberapa daerah di Indonesia yang ingin membuat dan memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM), saat ini tak perlu repot lagi.

Pasalnya, saat ini sudah ada 200 Satpas SIM di beberapa daerah di Indonesia yang bisa diakses online.

“SIM online sudah dilaksanakan serentak di beberapa Satpas se-Indonesia. Pada saat launching tahun 2014 sebanyak 45 satpas dan saat ini sudah terlaksana di 200 Satpasse Indonesia,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra kepada di Jakarta seperti dikutip dari Tribunnews.com, beberapa waktu lalu.

SIM online  yang dimaksud adalah jaringan Satpas yang ada di seluruh Indonesia sudah terhubung antar Satpas.

Pemohon SIM dapat membuat SIM baru dan perpanjangan di semua Satpas yang telah online tanpa terikat dengan KTP domisili.

“Online untuk registerasi atau disebut registerasi SIM online yaitu cara mendaftar SIM melalui web base yang disiapkan korlantas Polri yaitu www.korlantas.polri.go.id,” katanya.

“Sehingga memudahkan pemohon sim untuk mendaftar dan membayar PNBP SIM kapan pun dan dimanapun juga,” katanya lagi.

Caranya cukup mudah yakni dengan membuka web www.korlantas.polri.go.id lalu isi file yang tersedia dan lakukan pembayaran.

Setelah semua sudah dilengkapi nantinya akan mendapatkan nomor registerasi.Hanya saja, untuk warga di Kepulauan Riau dan Kabupaten Karimun khususnya, Polresta di bawah Polda Kepri belum menerapkan perpanjangan SIM secara online tersebut. Saat ini baru ada satu layanan seperti ini di Mapolrestabes Barelang. (*)