Kepala Kantor Imigrasi Karimun bersama anggota dan petugas Timpora pulau Moro foto bersama usai peresmian kantor sekretariat (Ist)
Kepala Kantor Imigrasi Karimun bersama anggota dan petugas Timpora pulau Moro foto bersama usai peresmian kantor sekretariat (Ist)

Karimun, Lendoot.com – Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di Tanjungbatu, Kundur dan Moro. Peresmian sekretariat yang terletak kantor cabang Tanjungbatu dan Moro dilakukan, Rabu (25/10/2017).

Sebelum sekretariat di Tanjungbatu dan Moro diresmikan, sekretariat Timpora juga telah dibentuk di Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun pada tahun 2016 lalu.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tanjung Balai Karimun, Mas Arie Yuliansa Dwi Putra mengatakan, didirikannya sekretariat timpora untuk mempermudah pemantauan terhadap Warga Negara Asing (WNA) terutama yang bermasalah di Kabupaten Karimun. Dimana fungsinya adalah sebagai wadah pelaporan dan pengawasan yang diketuai oleh Kasi Wasdakim.

“Dengan adanya sekretariat tersebut, diharapkan petugas Imigrasi yang bekerjasama dengan anggota timpora lain yang terdiri dari FKPD dan pemerintah daerah melalui pemerintah Kecamatan, dapat lebih efektif lagi melakukan pengawasan terhadap Warga Negara Asing (WNA) yang melakukan kegiatan di luar izin,” kata Mas Arie Yuliansa Dwi Putra.

“Selanjutnya diserahkan kepada kasi Wasdakim. FKPD, Pemda dan masyarakat dapat berbagi data mengenai keberadaan orang asing yang mencurigakan dan bermasalah,” Lanjut Arie.

Sementara itu, Plh Kadiv Imigrasi Kanwil Kemenhumkam Kepri, Hamzah yang ikut menghadiri peresmian memberi apresiasi pembentukan sekretariat Timpora di kantor cabang yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Tanjungbalai Karimun. Dengan adanya Timpora tersebut maka kinerja petugas imigrasi di wilayah Karimun akan semakin efektif.

“Yang mana sebagian besar daerah Karimun merupakan pulau yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Singapura dan Malasyia,” ujarnya.

Hamzah mengatakan pelaksanaan tugas dari Timpora hanya turunan dari pemerintah pusat. Setiap instansi yang tergabung di dalamnya hanya memeperkuat sinergisitas dengan tetap bertugas sesuai dengan tupoksi kerja masing-masing. (ian)