Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Arifin Nasir saat diwawancarai di Karimun
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Arifin Nasir saat diwawancarai di Karimun

Karimun, Lendoot.com – Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau tahun ini akan membangun Kantor Cabang (Kacab) Dinas Pendidikan Provinsi Kepri di lima kabupaten/kota.

Itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Arifin Nasir setelah mendapat persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri menyetujui dibentuknya Kantor Cabang (Kacab) Dinas Pendidikan Provinsi Kepri di lima kabupaten/kota.

“Untuk Kacab sudah disetujui oleh Kemendagri. Tapi hanya lima kabupaten/kota. Karena Tanjungpinang dan Bintan masih sama-sama di Pulau Bintan dengan Pemprov,” kata Arifin Nasir saat berkunjung ke Karimun.

Adapun kelima Kabupaten/kota tersebut yakni Batam, Karimun, Lingga, Natuna dan Anambas. Untuk Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan tidak disediakan karena sama-sama berada di satu daratan dengan Pemerintahan Provinsi Kepri.

Sementara untuk tipe Kacab Kota Batam merupakan tipe A. Sedangkan 4 Kacab lainnya akan dijadikan tipe B. Setiap Kacab akan dijabat PNS sesuai dengan golongan yang ditetapkan serta memiliki kemampuan yang mumpuni yang dipilih tim dari Pemerintah Provinsi Kepri.

Arifin menyebukan pelantikan Pimpinan Kacab diperkirakan dapat dilaksanakan Februari tahun ini. Nantinya setelah pelantikan baru dimulai pembangunan dan aktifitas di kantor-kantor cabang.

“Dilantik dulu pimpinannya. Mungkin Februari ini karena keberadaannya mendesak. Saya juga sudah meminta kepada Sekdaprov selaku Ketua Tim (pembentukan Kacab) untuk memilih orang-orang yang memang berkompeten di dunia pendidikan,” ucapnya.

Arifin berharap, dengan adanya Kacab ini, seluruh pengurusan administrasi pendidikan tingkat SMA, SMK dan SLB yang saat ini di bawahi langsung oleh Dinas Pendidikan Provinsi menjadi lebih mudah. (ian)