Karimun, Lendoot.com – Kenalkan ciri khas Melayu kepada wisatawan lokal dan asing, sejumlah personil kepolisian dari Polres Karimun menggunakan Tanjak atau penutup kepala khas melayu saat melakukan patroli di pelabuhan Internasional Taman Bunga.

Kabag Ops Polres Karimun, Kompol Isa Imam Syahroni mengatakan, selain menunjang pelaksanaan tugas, penggunaan tanjak saat melaksanakan patroli di Pelabuhan Internasional merupakan bentuk pengenalan salah stau ciri khas melayu kepada wisatawan asing dan lokal yang datang ke Karimun.

“Kita sambil mengenalkan Tanjak kepada Wisatawan lokal dan Asing yang datang melewati pelabuhan Taman Bunga, ini sebagai wujud polisi yang ramah dan humanis,” kata Isa, Rabu (28/6/2017) kemarin.

Dia mengatakan, personil yang bertugas di Pos Pelayanaan melakukan Patroli jalan kaki ke dermaga dan sekeliling Pelabuhan, mendampingi petugas Bea Cukai dalam pengecekan barang penumpang dari Malaysia dan Singapura melalui X-Ray Pelabuhan Internasional.

“Kita namakan dengan Patroli Betanjak, dimana para personil yang bertugas dipos pelayanan kita minta untuk memakai tanjak saat melayani masyarakat,” ucap Isa.

Isa menambahkan tujuan pemakaian kain songket tak lain adalah untuk ikut berpartisipasi dengan kearifan budaya lokal. Selain itu ia berharap aksi tersebut dapat mengubah kesan ketakutan masyarakat terhadap polisi. (ian)