Lurah Tanjung Balai, Azrizal bersama Kepala BNNK Karimun, Kompol Ahmad Sholeh serta staff Lurah foto bersama usai menjalani tes urine
Lurah Tanjung Balai, Azrizal bersama Kepala BNNK Karimun, Kompol Ahmad Sholeh serta staff Lurah foto bersama usai menjalani tes urine

Karimun, Lendoot.com – Semarakkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Karimun ke-18 Tahun. Lurah Tanjung Balai Karimun Kecamatan Karimun, melakukan pemeriksaan urine kepada seluruh staf dan warganya. Cek urine tersebut dilakukan pada Jumat (13/10/2017) kemarin di kantornya.

“Kami Kelurahan Tanjung Balai Bekerjasama dengan BNN Karimun sengaja menggelar tes urine untuk seluruh staff Kelurahan dan Warga. Ini merupakan bagian dari kegiatan untuk memperingati HUT Karimun ke-18 tahun,” kata Lurah Tanjung Balai Karimun, Azrizal, Jumat (13/10/2017) kemarin.

Azrizal mengatakan, tes urine ini dilakukan atas peran dari masing-masing RT se-Kelurahan Tanjung Balai, dimana masing-masing RT mengirim warganya ke Kelurahan secara suka rela untuk melakukan tes urine.

“Ada 13 RT di Kelurahan Tanjung Balai ini. Dan Alahamdulillah mereka sangat peduli terhadap warganya dan sangat berperan dalam mencegah peredaran narkoba,” katanya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kabupaten Karimun, Kompol Ahmad Soleh Siregar mengatakan, aksi tes urine ini merupakan aksi pertama yang dilakukan di tingkat Kelurahan.

“Sepanjang saya bertugas, ini adalah yang pertama dilakukan tes urine oleh Kelurahan terhadap staff dan warganya. Ini adalah yang pertama sekali di Kepri,” ucap Ahmad Sholeh.

Pihaknya sangat mendukung sekali peran aktif para RT di Kelurahan Tanjung Balai yang turut andil dalam memberantas peredaran narkoba melalui tes urine. Hal ini menurutnya memberikan pesan kepada masyarakat bahwa pejabat setempat juga tidak menginginkan warganya terlibat dalam narkotika.

Sementara, dari hasil pemeriksaan urine yang dilakukan, sebanyak 102 warga termasuk seluruh staff Keluruhan Tanjung Balai, tidak ditemukan warga maupaun staff yang positif menggunakan narkoba.

“Dan Alhamdulillah tidak ada yang terindikasi positif menggunakan narkoba,” katanya.

Selain tes urine, pada saat bersamaan pihaknya juga menggelar donor darah dengan target sebanyak 100 kantong yang nantinya akan diserahkan ke pihak PMI Kabupaten Karimun, hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian masyarakat kelurahan Tanjung Balai kepada masyarakat lainnya yang membutuhkan kantong darah. (ian)